Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2017 | 13:24

Aplikasi Android Lokal yang Paling Populer di Tahun 2016

Dalam tahun 2016 ini, cukup banyak hadir aplikasi Android buatan para pengembang lokal yang diunduh di Google Play Store. Hal ini bisa terjadi karena cukup banyak pengembang aplikasi lokal Indonesia yang mendapat dana segar sehingga bisa menghasilkan berbagai aplikasi yang kian berkualitas.

Hadirnya beragam aplikasi Android lokal mulau dari penyedian jasa hingga game, memang memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia yang dahulu lebih sering dipenuhi oleh aplikasi buatan pengembang asing. Padahal aplikasi Android buatan pengembang asing terkadang kurang cocok untuk kehidupan masyarakat Indonesia.

Lalu apa saja aplikasi Android lokal yang paling populer di tahun 2016? Laman Tech in Asia Indonesia merangkum aplikasi lokal buatan pengembang Indonesia yang cukup banyak diunduh di tahun ini.

1. BaBe Baca berita

Babe menjadi salah satu aplikasi android populer di Indonesia untuk kategori news aggregator. Seperti aplikasi untuk membaca berita lainnya, aplikasi Android lokal ini memiliki segudang fitur yang bermanfaat, seperti fitur Trending yang memberikat berita paling hangat saat ini. Babe selalu menyampaikan berita dari situs dan portal terpercaya di Indonesia. Selain itu, terdapat fitur personalisasi yang akan membuat berita yang ditampilkan ialah topic berita yang paling sering dilihat.

Selain menampilkan berita, Babe juga menghadirkan fitur untuk mengecek jadwal film hingga mengecek nilai tukar mata uang asing. Kamu juga bisa memberikan komentar pada berita yang kamu suka. Hingga kini aplikasi Babe ini telah mendapat lima juta undahan dan 280 ribu review dengan rata-rata nilai 4,3. Hal ini membuat aplikasi ini kian diunduh pengguna gadget Indonesia.

2. Game Tahu Bulat

Tahun 2016 ini, Indonesia dihebohkan dengan berbagai fenomena menarik. Salah satu fenomena yang cukup menarik perhatian tentu, Tahu Bulat. Bahkan saking populernya, sebuah pengembang game Android lokal menghadirkan game idel clicker dengan tema jajanan tersebut.

Aplikasi Android lokal ini cukup memanjakan para pemain penggemar tahu bulat dengan serangkaian update yang menarik misal, update Ramadan, natal, tahun baru, karakter pedagang baru dan lokasi berjualan yang baru. Bahkan kamu kini bisa berjualan hingga lintas negara termasuk ke Korea Selatan. Di negara gingseng ini, kamu bisa mendapatkan even tambahan yakni mengumpulkan salju untuk membuat boneka salju Tako menjelang tahun baru.

Hingga kini game Tahu Balut sudah menempatkan posisi teratas di Google Play Store dengan lebih dari 5 juta unduhan dan rating 4,4 dari 250 ribu ulasan hanya dalam waktu singkat.

3. PicMix

Meskipun sekilas mengusung nama bahasa asing, ternyata PicMix merupakan salah satu aplikasi Android lokal. Aplikasi ini berhasil mendapat tempat bagi penggemar foto di Indonesia berkat beragam fitur yang diusungnya. Aplikasi Android gratis ini bahkan memiliki fitur edit, fitur pembuatan kolase hingga bingkai foto. Aplikasi lokal ini awalnya merupakan sosial media yang kerap menghadirkan kontes foto untuk pengguna gadget Indonesia.

Dalam update terbarunya, PicMix bahkan kian mudah untuk mengedit foto, mengganti wajah hingga merias wajah agar lebih cantik. Tidak hanya itu, user interface juga kian mudah dan cepat digunakan, tanpa lag sedikitpun.

Aplikasi Android lokal ini diklaim telah digunakan lebih dari tiga puluh juta pengguna gadget dunia. Mendapat nilai 4,2 dari 120 ribu review membuat aplikasi ini cukup populer termasuk di Indonesia.

4. Tokopedia

Aplikasi Android lokal ini merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia. Tokopedia menghadirkan aplikasi ini mengingat aplikasi mobile sangat krusial dalam jual beli online saat ini. dengan aplikasi ini, pembeli bisa mencari produk dengan mudah. Belanja pun kian mudah dengan fitur hot list, wish list dan notifikasi harga. Tidak hanya itu, Tokopedia juga menghadirkan beberapa kemudahan seperti gratis ongkos kirim untuk produk tertentu.

Hingga saat ini, Aplikasi android gratis ini sudah diunduh oleh 10 juta pengguna serta mendapat nilai 4,1 dari 330 ribu ulasan. Tak heran, aplikasi Android lokal ini menjadi salah satu aplikasi populer di Indonesia tahun 2016.

5. Traveloka

Bila kamu tengah liburan, maka aplikasi Traveloka layak kamu unduh. Sebagai salah satu penyedia jasa booking tiket pesawat dan hotel murah terbesar di Indonesia, aplikasi Android lokal ini memang cukup populer di masyarakat Indonesia.

Hadir dengan fitur pencarian yang kian mudah, aplikasi traveloka telah meraih lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store. Aplikasi ini juga telah mendapat nilai sebesar 4,3 dari 160 ribu ulasan.

6. Klakson Telolet

Penghujung tahun 2016, Indonesia diramaikan dengan fenomena klakson bus, telolet. Memanfaatkan fenomena ini, beberapa pengembang menghadirkan aplikasi sejenis termasuk buatan KMB Technologies. Aplikasi Android gratis ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan nilai 4,3 dari 14 ribu ulasan.

Baca juga artikel:
Camera 360 Lite Jadi Salah Satu Aplikasi Google Play Terbaik 2016
Aplikasi Terbaik Tahun Ini, Prisma Dapat Update Akhir Tahun
Demam "OM TELOLET OM", Ini Daftar Aplikasi Klakson Telolet di Android
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts