Pertamax Turbo Akan Gantikan Pertamax Plus di SPBU Indonesia

Oleh Adam Rizal on Kamis, 29 Des 2016 | 14:41

PT Pertamina (Persero) akan menghentikan produksi dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) Pertamax Plus ke SPBU di seluruh Indonesia. Sebagai gantinya, Pertamina akan
mengganti Pertamax Plus dengan produk barunya Pertamax Turbo yang memiliki kandungan oktan yang lebih tinggi.

"Kami sudah setop produksinya tiga minggu lalu. Bila sampai saat ini masih ada di SPBU, itu hanya sisa stok terakhir," kata Afandi (Vice Presiden Fuel Marketing
Pertamina) seperti dikutip dari berbagai sumber.

Pertamina mengatakan seluruh SPBU Pertamina tidak akan lagi menjual Pertamax Plus pada tahun depan dan semua saluran pengisian berganti dengan Pertamax Turbo yang memiliki Research Octane Number (RON) 98, lebih tinggi dibandingkan Pertamax Plus yang hanya 95.

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari Pertamax Plus dengan Ignition Boost Formula (IBF).

Atas spesifikasi itu, bensin mampu meningkatkan driveability kendaraan, membuat akselerasi menjadi lebih baik, meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan, serta menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.

Pertamina tidak akan lagi menjual Pertamax Plus karena sudah menjadi strategi dari penjualan Pertamina dan ingin menggantikannya dengan kualitas BBM yang lebih baik.

"Kami berupaya menyediakan dan membuat bahan bakar yang berkualitas tinggi. Sudah menjadi strategi kami agar apa yang kami pasarkan bisa sesuai dengan kebutuhan
kendaraan modern saat ini," ucapnya.

Wianda Pusponegoro (VP Corporate Communication Pertamina) mengatakan kehadiran Pertamax Turbo merupakan langkah Pertamina menaikkan kualitas dari Pertamax Plus sehingga masyarakat bisa merasakan performa mesin kendaraannya yang maksimal dengan research octane number (RON) 95.

"Mengenai RON, diperkirakan sama antara Pertamax Plus dan Turbo. Namun, karena nantinya ada penambahan aditif lagi, yang Turbo benar-benar untuk konsumen yang menginginkan performa mesin yang maksimal. Kalau sekarang, Pertamax Plus itu hanya plus-plusnya dari Pertamax saja, tetapi nanti Turbo lebih dari itu," ujar Wianda.

Harga Pertamax Turbo

Pertamina pun resmi meluncurkan Pertamax Turbo dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Ahmad Bambang (Direktur Pemasaran Pertamina) mengatakan Pertamax Turbo adalah inovasi Pertamina untuk memberi jawaban bagi konsumen yang mendapatkan bahan bakar dengan kualitas yang lebih prima.

"Banyak orang yang pakai Pertamax masih kurang, beli Pertamax Racing kemahalan. Jadi inilah jawabannya," ujarnya

Pertamax Turbo menyasar tiga segmentasi pasar yaitu pemilik sportcar, pecinta kecepatan, dan orang yang peduli lingkungan. Jenis bensin itu merupakan hasil produksi kilang dalam negeri Pertamina Refinery Unit VI-Balongan.

Pertamina menawarkan Pertamax Turbo dengan harga yang sama seperti Pertamax Plus, yaitu Rp 8.700. Jika penasaran, silakan berburu ke delapan SPBU di Jakarta, yakni di Pondok Indah, MT Haryono, Rasuna Said, Pramuka, Pantai Indah Kapuk, Abdul Muis, Cikini, dan Yos Sudarso.

Tes Eropa

Image via Tirto

Menariknya, sebelum dipasarkan di Indonesia, Pertamina sudah menjualnya di Eropa, yakni Belgia. Di sana, Pertamina bekerjasama dengan Lamborghini untuk ajang balap Lamborghini Supertrofeo European Series pada 29 Juli 2016 lalu.

"Pertamax Turbo ini punya RON 98 . Mengapa di Eropa ? Karena Eropa adalah gudangnya mobil-mobil supercar. Kami bisa berhasil jual 5.000 liter sebulan di Eropa, itu bagus," ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero).

Untuk pasar Eropa, Pertamax Turbo dijual 1 dollar AS per liter sudah termasuk pajak. Namun di Indonesia, para konsumen hanya harus menebusnya Rp 10.000-an.

Baca juga artikel:
Honda Jazz Akhir Tahun 2016, Berapa Harga Termurahnya?
Toyota C-HR Versi TRD Makin "Ganteng Maksimal" di Jepang, Indonesia?
Mobil Hatchback Toyota Yaris dan Harganya Akhir Tahun ini

Artikel Lainnya

Komentar