iPhone SE dan Samsung Galaxy S7 Paling Sulit Diperbaiki Kalau Rusak

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 27 Des 2016 | 12:40

Jelang akhir tahun 2016, situs iFixit yang terkenal dengan tutorial perbaikan gadget kembali merilis daftar smartphone yang paling mudah dan paling susah untuk diperbaiki.

Dilansir PhoneArena, komunitas ahli perbaikan berbagai merek smartphone di dunia ini membeberkan tipe smartphone premium apa saja yang mudah diperbaiki dan paling sulit dilakukan perbaikan.

Tentu saja, hal ini bisa membantu konsumen yang ingin membeli smartphone karena memberikan gambaran mengenai waktu penyelesaikan jika perangkat mengalami kerusakan.

Nah, ini dia daftar smartphone premium yang disebutkan oleh iFixit, dimulai dari smartphone yang paling mudah diperbaiki sampai smartphone paling sulit diperbaiki.

LG G5

Di urutan pertama, smartphone yang paling mudah diperbaiki adalah LG G5. LG G5 menjadi satu-satunya smartphone flagship yang sangat mudah diperbaiki saat mengalami kerusakan karena mengusung konsep modular dan menggunakan baterai removable. Sementara itu, iFixit sendiri memberikan skor 8 dan 10 sebagai ponsel paling  mudah diperbaiki.

Google Pixel dan Pixel XL

Di urutan selanjutnya terdapat perangkat flagship terbaru dari Google yakni Google Pixel dan Pixel XL. Kedua smartphone ini mendapatkan skor 7 karena iFixit cukup terkesan karena kemudahan saat mengganti bagian dalam dari keduanya. Kendati demikian, smartphone yang dibuat oleh HTC ini layarnya harus dipecahkan dulu sebelum petugas service membongkar bagian dalam perangkat.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Mendapatkan skor yang sama dengan Google Pixel dan Pixel XL, duo iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir dengan empat skrup yang dapat dibuka untuk memberikan akses pada teknisi sehingga lebih  mudah untuk menggantu baterai dan layar yang mengalami kerusakan.

iPhone SE

Berbeda dengan seri iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, pendahulunya iPhone SE yang juga dibekali skrup ternyata beresiko tinggi saat pembongkaran karena bisa menyebabkan kerusakan pada kabel Touch ID. Kendati demikian, adanya skrup pada perangkat Apple ini memberikan kemudahan untuk melakukan perbaikan baterai dan layar.

Samsung Galaxy Note 7

Meskipun penjualannya sudah ditarik dari pasaran, namun Samsung Galaxy Note 7 masuk ke dalam daftar dengan perolehan nilai 4. iFixit menegaskan bahwa flagship legendaris ini sangat sulit dibuka untuk sekedar perbaikan dan penggantian baterai.

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

Smartphone premium terakhir yang sekaligus mendapatkan skor paling rendah adalah Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dengan nilai 3. Kedua smartphone ini dinobatkan sebagai perangkat paling sulit diperbaiki dan dibuka karena menggunakan material dari logam dan kaca keras.

Baca juga artikel:
Deretan Hape yang Menggunakan Sensor Kamera Sony
Video Tes Kekuatan LG V20 Saat Digores, Dibakar dan Dibengkokkan
Drop Test, iPhone 7 dan iPhone 6s, Seberapa Kuat iPhone Terbaru ini?

Artikel Lainnya

Komentar