Update Sistem iOS 10.2 Membuat Baterai iPhone Boros

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 27 Des 2016 | 10:09

Beberapa bulan ini dunia gadget dihebohkan dengan laporan berbagai pengguna iPhone 6s yang mengeluhkan adanya masalah baterai. Beberapa pengguna bahkan mengeluhkan baterai terkuras habis dari 30 ke 10% kemudian mati mendadak.

Tampaknya kini masalah baterai ini kian meluas. Pasalnya update sistem iOS 10.2 yang awalnya menjadi solusi masalah baterai yang boros, justru membuat beberapa iPhone boros baterai. Kasus ini bahkan sudah ditemukan pada perangkat iPhone 5. Alhasil banyak pengguna iPhone yang harus membawa powerbank untuk berkegiatan. Hal ini tentu sangat menganggu.

Dalam laporan lebih mendalam, beberapa unit iPhone dikabarkan berhenti beroperasi atau mati setelah baterai mencapai 30%. Pada point 30% tiba – tiba ponsel mati karena baterai 0%. Uniknya, ketika mengisi daya, ponsel langsung menginformasikan baterai perangkat dalam kondisi 30% dan bisa dicharge secara normal. Dalam laporan lainnya, beberapa unit iPhone yang mencapai kondisi baterai 30% kemudian berubah menjadi 1%. Uniknya meski 1%, iPhone bisa digunakan beberapa jam sebelum akhirnya mati. Beberapa pengguna iPhone pun menduga penyebab kasus ini disebabkan oleh iOS 10.2.

Hal ini terbilang wajar, pasalnya Apple telah menghentikan sistem iOS 10.1 dan 10.1.1 beberapa hari lalu. Alhasil, pengguna iPhone dipaksa segera update ke iOS 10.2 dan membuat pengguna tidak bisa kembali menggunakan sistem iOS lama.

Menariknya, muncul laporan dari pengguna iPhone yang masuk dalam program iOS 10.2.1 Beta, yang menyebutkan adanya peningkatan baterai dibanding kasus iOS 10.2. Pasalnya, smartphone iOS ini tidak akan mati mendadak meski kondisi baterai berada di kisaran 30-50 %. 

Sebagai informasi tambahan, Apple telah menghadirkan fitur battery diagnostic tool. Program ini sudah hadir secara default dalam iOS 10.2. Nantinya program ini akan menganalisa daya baterai dari berbagai unit iPhone dan melaporkannya ke Apple untuk memperbaiki kasus baterai ini. Kita nantikan saja langkah Apple selanjutnya. Namun, untuk pengguna iPhone yang mengalami kasus baterai ini sepertinya harus bersiap-siap selalu membawa powerbank.

Baca juga artikel:
Beberapa Pengguna iPhone 7 Plus Melaporkan Kamera Bermasalah
Sebuah Apple iPhone 6s Meledak setelah Diisi Daya Baterai
Baterai Bermasalah, Apple Berencana Ganti Baterai iPhone 6s

Artikel Lainnya

Komentar