Diperbaharui pada Rabu, 21 Desember 2016 | 10:06

Update MacBook Pro ke MacOS 10.12.2 Agar Baterai Tidak Boros

Beberapa waktu lalu, pengguna Apple MacBook Pro dikecewakan dengan beberapa kasus yang menimpa laptop Apple ini. Kala itu beberapa pengguna Macbook terbaru ini mengeluhkan bahwa VGA tidak terbaca, hingga daya tahan baterai yang mengecewakan.

Beberapa pengguna bahkan sempat complain laptop miliknya hanya mampu bertahan 3 – 6 jam saja. Padahal dalam iklannya, Apple mengklaim produk laptop premium Apple ini bertahan hingga 10 jam. Menariknya, untuk mengatasi hal tersebut, Apple segera menghadirkan update sistem terbaru, MacOS 10.12.2. Sistem terbaru ini diklaim mampu mengatasi masalah baterai laptop Apple ini.

Menurut laporan beberapa pengguna Apple MacBook Pro yang sudah melakukan update sistem MacOS, ada beberapa pengguna yang merasakan adanya peningkatan daya baterai. Dalam forum MacRumors, akun bernama Lobo1978 mengungkapkan bahwa MacOS Sierra 10.12.2 mampu memperbaiki masalah baterai. Laptop Apple terbaru ini mampu bertahan digunakan hingga 9 – 10 jam untuk penggunaan harian. Sebelum update, konsumsi baterai idle tidak pernah lebih rendah dari 6 watts. Dalam update MacOS Sierra 10.12.2, konsumsi baterai kurang dari 4 watts saat kecerahan layar dalam posisi 60%.

Image via Cult of Mac

Anggota forum lainnya dengan nama akun JohnnyGo mengungkapkan sebelum update sistem, laptop Apple MacBook Pro Miliknya hanya bertahan 7 – 9 jam dengan kecerahan layar 50 – 60%. Sekarang, setelah update, laptop mampu bertahan lebih dari 10 jam dengan kecerahan layar 70 – 75% kecerahan layar bahkan kondisi wifi dan Bluetooth. Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan mengenai update ini benar meningkatkan baterai atau tidak.

Dalam update sistem MacOS 10.12.2, Apple sudah menghapus fitur Time Remaining dalam status bar baterai. Hal ini diharapkan pengguna berhenti untuk terus melihat status bar tersebut. Selain itu, Apple juga menghadirkan perbaikan bug – bug pada Apple Macbook Pro agar kian nyaman dioperasikan. Semoga saja dengan hadirnya update ini, pengguna laptop Apple ini tidak berpaling ke perangkat laptop lainnya. Apalagi, Microsoft akan menghadirkan laptop surface baru tahun depan.

Baca juga artikel:
Apple MacBook Pro 2016 Dilaporkan Mengalami Boros Baterai, Haruskah Ditarik?
Pengguna Apple Macbook Pro Terbaru Mengeluhkan Adanya Bug Video Glitches
Fitur Thunderbolt 3 Pada Apple MacBook Pro 2016 Bermasalah

 

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts