Ini yang Paling Dicari di Indonesia Menurut Google Search

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Des 2016 | 11:57

Baru-baru ini mesin pencari Google telah mengumumkan daftar pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2016. Raksasa internet ini mengelompokan data tersebut menjaidi 16 kategori. Google sendiri mengambil data dari berbagai sumber termasuk dari pengguna smartphone yang selalu melakukan pencarian untuk mengetahui informasi terbaru.

Menurut Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengungkapkan bahwa tema pencarian Google Search tahun ini adalah momen dan perspektif, termasuk alasan di balik terjadinya suatu peristiwa. Google juga tidak sekadar mencari data tetapi juga Google mencoba memahami perilaku pengguna dan apa yang sedang menjadi tren dalam masyarakat.

Di tahun 2016 ini, Google Search Indonesia menemukan beberapa pencarian yang terkesan antara lain, fenomena alam gerhana matahari yang ternyata cukup menyedot perhatian publik. Banyak pengguna Google di Indonesia yang mencari foto, video, trik memotret gerhana sampai tata cara solat gerhana matahari.

Pencarian di perangkat mobile juga meningkat ketika ramai kasus ramai kasus Jessica Kumala Wongso. Pengguna Google sepertinya tidak mau ketinggalan mengikuti proses persidangannya. Satu hal lagi, orang banyak yang mencari sesuatu yang dekat dari tempat orang tersebut berada. Hasil pencarian yang terpopuler ialah restororan terdekat yang masih buka. Hal ini memberitahukan kepada para pemilik bisnis restoran, konsumen mencari restoran yang buka lebih malam.

Yang menarik untuk kategori teknologi, nama smartphone yang paling dicari di tahun ini ialah Samsung Z2 dengan Tizen OS. Smartphone entry – level ini mengandalkan layar 4 inci resolusi 800 x 480 pixels. Untuk mesin, ponsel OS Tizen ini menggunakan mesin kelas menengah yakni Spreadtrum SC9830. Prosesor quad-core ini disokong RAM 1GB dan GPU Mali 400. Ponsel 4G LTE ini menggunakan memori internal 8 GB. untuk kamera terpasang kamera 5 MP dengan aperture F2.2 autofokus lengkap dengan LED Flash. Untuk kamera depan, terpasang kamera VGA 0,3 MP.

Lalu, untuk hasil pencarian Google Indonesia 2016 ialah Pokemon Go, Gerhana matahari, Timnas Indonesia, Gempa Aceh, Donald Trump, Mukidi, Demo 411, Rio Haryanto, Jessica Kumala Wongso dan terakhir Joey Alexander.

Baca juga artikel:
Ganti Nama Jadi Gboard, Versi Terbaru Google Keyboard Kini Tersedia untuk Android
Google Trusted Contacts Memungkinkan Anda Berbagi Lokasi dengan Orang Tersayang
Papan Tulis Digital Ala Google, Google Jamboard Siap Dirilis Awal 2017

Artikel Lainnya

Komentar