Harga Camry dan Sedan Toyota Lainnya di Penghujung Tahun 2016

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 15 Des 2016 | 11:43

Mobil sedan mewakili kemewahan dan kemapanan dan bentuknya yang compact, desain aerodinamis dan membuatnya sangat lincah di jalan raya. Sayangnya, penjualan sedan di Indonesia tidak terlalu bagus karena tingginya harganya pajak dan membuat masyarakat lebih memilih model multipurpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Pabrikan mobil pun mengakalinya dengan menghadirkan sedan city car yang memiliki kapasitas mesin kecil sehingga harganya cukup terjangkau. Namun, bagi Anda yang memiliki bujet selangit Toyota pun menawarkan sedan Toyota Camry yang menawarkan kemewahan dan sensasi mengendarai mobil seperti pejabat di Indonesia.

Bagi, Anda yang menyukai tantangan adrenalin dan "ngebut", maka Toyota menawarkan sedan sport Toyota 86 yang legendaris tersebut.

Penjualan

Pada semester pertama 2016 (Januari - Juni), penjualan kendaraan jenis sedan di dalam negeri semakin lesu. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari total penjualan wholesales sebanyak 531.929 unit, segmen sedan hanya memberi kontribusi 7.333 unit, turun dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya mencapai 10.537 unit.

Hingga pertengahan 2016, Sedan Toyota masih menjadi yang paling laku dengan penjualannya mencapai sebanyak 2.042 unit. Dari semua model sedan yang dibeli konsumen di Indonesia, Toyota Camry jadi yang paling laku dengan penjualan sebanyak 795 unit dan Toyota Vios sebanyak 684 unit.

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang tinggi membuat para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) otomotif enggan memproduksi sedan di Indonesia karena konsumen tidak akan membeli sedan jika harganya mahal.

ATPM melihat pajak nilai PPnBM sangat tinggi, menyusul pajak sedan mini dengan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah sebesar 30 persen dan pajak sedan kecil di atas 1.500 cc sebesar 40 persen. Sedangkan, pajak untuk kendaraan selain sedan dimulai dari 10 persen untuk 1.500cc dan 20 persen untuk mobil bermesin 2.000cc.

New Toyota Camry

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mulai menjual sedan mewah Toyota Camry pada 1998. TAM pun menghadirkan New Camry yang mendapat sentuhan baru lewat penyempurnaan fitur keselamatan pada semua varian dan menghadirkan peace of mind bagi pemakai setianya.

"Dalam semangat Let’s Go Beyond, Toyota akan selalu meningkatkan value agar bisa melebihi ekspektasi pelanggan seperti kehadiran New Camry ini," kata Henry Tanoto (Vice President Director PT TAM).

New Camry memiliki 7 airbag (Driver, Passenger, Driver Knee, Side Airbag, Curtain Airbag). Selain itu, sedan itu juga mempunyai Vehicle Stability Control (VSC), High Assist Control (HAC), dan Emergency Brake Signal, yang sebelumnya hanya menjadi standar untuk tipe V dan Hybrid.

New Camry hadir dalam 3 line up. Tipe 2.5L Hybrid AT mengedepankan konsep aggressive-advanced. Tipe 2.5L V AT yang mengkombinasikan desain yang elegan dengan fitur yang lengkap. Kemudian 2.5L G AT sebagai kendaraan prestise dan fitur memadai yang nyaman.

Toyota Camry Hybrid sendiri hadir pertama kali di Indonesia pada 2012 dan langsung menyandang predikat sebagai sedan paling advanced di segmennya, juga menjadi satu-satunya hybrid sedan terlaris di Indonesia dalam 2 tahun dengan penjualan mencapai 1.000 unit.

Daftar Harga Sedan Toyota Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Toyota Etios valco JX MT Tidak ada harga
Toyota Etios valco E MT Tidak ada harga
Toyota Etios valco TOMS Tidak ada harga
Toyota Etios valco G MT Tidak ada harga
Toyota Vios 1.5 G MT Tidak ada harga
Toyota Vios 1.5 E MT Tidak ada harga
Toyota Vios 1.5 E AT Tidak ada harga
Toyota Vios 1.5 G AT Tidak ada harga
Toyota Camry 2.5 V Tidak ada harga
Toyota Camry 2.5 G Tidak ada harga
Toyota Camry 2.5 Hybrid Tidak ada harga
Toyota 86 MT Tidak ada harga
Toyota 86 AT Tidak ada harga
Toyota 86 Aero AT Tidak ada harga
Toyota 86 TRD AT Tidak ada harga

Baca juga artikel:
Fortuner Paling Laris Jelang Akhir Tahun 2016 di Segmen SUV Toyota
Selama 10 Bulan Terakhir, Penjualan Toyota Didominasi Segmen MPV dan SUV
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire

 

Artikel Lainnya

Komentar