Fortuner Paling Laris Jelang Akhir Tahun 2016 di Segmen SUV Toyota

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 15 Des 2016 | 11:11

Saat ini model sport utility vehicle (SUV) menjadi trend masyarakat Indonesia karena bodinya yang besar dan macho, performanya yang dahsyat serta desain yang menawan. Masyarakat sangat menyukai SUV karena kemampuannya yang mampu melibas berbagai medan, mengingat jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus.

Memang, dunia otomotif Indonesia dikuasai oleh segmen low MPV dalam beberapa tahun terakhir, menyusul laris manisnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Tidak heran, jika penjualan di segmen MPV selalu memberikan kontribusi kepada pabrikan mobil.

Pelan tapi pasti, penjualan SUV meningkat dan menunjukan tren positif. Saat ini fungsi SUV mengalami pergeseran, SUV yang mengandalkan ketangguhan kini beralih ke mobil keluarga yang memiliki daya angkut penumpang yang sama dengan MPV serta irit bahan bakar.

Survei Marketeers menyebutkan segmen SUV menjadi magnet tersendiri di tengah lesunya daya beli masyarakat. Sebagai pemimpin pasar, Toyota pun memiliki varian model SUV yang terlengkap di kelasnya, dari varian model SUV kelas bawah hingga premium.

Di pasar, Toyota mengandalkan Toyota Rush yang menyasar pasar menengah ke bawah. Kemudian, Toyota Fortuner yang menawarkan ketangguhan dan kemewahan untuk pasar menengah. Di segmen premium, Toyota memiliki Land Cruiser.

Di segmen SUV yaitu Toyota Rush dan Fortuner membukukan total penjualan 42.265 unit, atau tumbuh 32,9 persen dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 31.806 unit. Toyota Fortuner berhasil tampil cemerlang dengan penjualan pada Januari-Oktober 2016 sebanyak 21.745 unit atau naik 112,8 persen dibandingkan Januari-Oktober 2015 sebesar 10.220 unit.

Penjualan Toyota Rush relatif terbilang stabil yaitu 20.520 unit dibandingkan tahun lalu sebanyak 21.586 unit.

All New Toyota Fortuner

SUV Toyota Fortuner sangat populer dan laris di Indonesia karena bodinya yang macho dan ketangguhan mesinnya, ditambah layanan purna jual Toyota yang merata di Indonesia. Hal itu membuat penjualan Toyota Fortuner meroket di Indonesia.

All New Toyota Fortuner mengusung mesin berkode 2TR Dual VVT-i bensin berkapasitas 2,7 liter dan mesin 2GD-FTV diesel berkapasitas 2,4 liter. Kini, Toyota pun memiliki dua pendatang baru yaitu Toyota Fortuner tipe VRZ dan juga SRZ.

All New Toyota Fortuner memiliki lekuk bodi dan konsep grill yang tegas serta lampu kabut yang lebih elegan. Lampu depannya berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang lebih slim dari versi sebelumnya dengan DRL dan Auto Leveling sehingga tidak menyilaukan mata pengendara yang berada di depannya.

Untuk dimensinya, All New Toyota Fortuner membawa ukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm dengan ground clearance yang tinggi sehingga memudahkan Toyota Fortuner melibas berbagai medan dan melewati tekstur jalan terjal berbatu.

Untuk tenaganya, All New Toyota Fortuner menghadirkan dengan dua pilihan mesin yaitu mesin diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc yang menyembutkan tenaga sebesar 149,6 hp pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600–2.000 rpm. Kedua mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694cc yang menyemburkan tenaga 163 hp pada putaran 3.400 rpm dan torsi 24,7 pada putaran 4.000 rpm.

Berikut Pricebook Suguhkan Daftar Harga SUV Toyota Akhir Tahun Ini

 

Artikel Lainnya

Komentar