Di Akhir 2016, Android Nougat Sudah Digunakan 4% Perangkat Android Dunia

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 06 Des 2016 | 15:50

Setiap akhir bulan, Google merilis sebuah chart yang berisi jumlah distribusi atau penyebaran dari sistem Android yang ada di dunia ini. Bulan November lalu, kita pun mengetahui bahwa OS Android Nougat 7.0 masih berada di posisi 3% perangkat Android seluruh dunia. Kini memasuki akhir tahun, tepatnya bulan Desember, sistem operasi terbaru Google ini sudah mencapai 4% seluruh perangkat Android di dunia.

Peningkatan ini terasa kecil. Hal ini bisa disebabkan belum banyaknya produsen yang melakukan update sistem. Di bulan Desember ini penurunan justru terjadi pada OS Android Lollipop. Sistem ini memang masih menguasai dunia sebanyak 34% turun 1% dari bulan kemarin. Kalau diperjelas, OS Android 5.0 memperoleh 10,8% dan OS Android 5.1 memperoleh 23,2%. Sistem ini masih menguasai pasar dikarenakan masih banyak ponsel baru maupun lama yang menggunakan sistem ini.

 

Di posisi kedua, sistem OS Android 6.0 Marshmallow yang kini sudah terinstal di 26,3% perangkat Android dunia. Sedangkan smartphone dan tablet yang menggunakan OS Android kitkat ada 24%. Android 4.1, 4.2, dan OS 4.3 Jelly Bean masih terinstal pada 12,8% perangkat. Untuk sistem yang lebih lama seperti Android 4.0.3, 4.0.4 Ice Cream Sandwich masih 1,2% dan Android 2.3, 3.2, 3.7 Gingerbread berada di posisi terakhir 1,2%. Menariknya diperkirakan masih ada 1% pengguna yang menggunakan OS Android 2.2 Froyo.

Google tampaknya harus melakukan improvisasi dan bekerja sama dengan pihak produsen untuk segera melakukan update ke Android 7.0 bila ingin jumlah pengguna sistem terbaru ini meningkat. Bahkan baru-baru ini Google dikabarkan untuk segera menghadirkan update Android 7.1 untuk Google Pixel dan seri Nexus agar makin banyak pengguna bisa merasakan serunya sistem terbaru Google ini.

LG dan HTC yang memiliki smartphone dengan OS Android 7.0 yang langsung terinstal (LG V20 dan HTC Bolt) diharapkan segera melakukan penjualan dan distribusi kepada pengguna agar tahun depan OS Android Naugat meningkat. Kita nantikan saja apakah OS Android 7.0 bisa secepat sistem OS Android lainnya dalam meraih kepercayaan publik.

Baca juga artikel:
GM 5, Android One Pertama yang Mencicipi Nougat
Google Umumkan Android Lollipop Sebagai Sistem Android Populer, Nougat Masih 0,1%
Daftar Smartphone Siap Rasakan Android 7.0 Nougat

Artikel Lainnya

Komentar