Rekomendasi HP 4G Terbaik di 2018, Harga Mulai Sejutaan

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 2 Jul 2018 | 03:34

hp 4g

Tahun 2018 tentu akan semakin banyak produsen yang menghadirkan varian hp terbaik dengan beragam variasi, salah satunya adalah sudah mendukung jaringan 4G. Dimana tahun lalu, hp 4G terbaik di 2017 cukup diminati karena memiliki koneksi internet yang lebih cepat. Banyak rekomendasi hp 4G terbaik yang ditawarkan mulai harga sejutaan dari beberapa vendor.

Hal ini tentu akan membuat kebutuhan pengguna gadget Indonesia akan produk dengan akses internet cepat kian terpenuhi. Apalagi, beberapa operator telekomunikasi di Indonesia juga kian menyebar jaringan 4G di Indonesia.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, di 2018 juga akan diwarnai dengan peluncuran hp 4G terbaik dari berbagai vendor, mulai dari desain hingga fitur terbaru serta dari berbagai segmen pasar. Yang pasti semua perangkat-perangkat terbaru ini sudah premium yang keren, baik desain maupun fiturnya.

Dari Samsung kabarnya sudah menyiapkan flagship teranyar yaitu Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy Note 9. Menurut info yang banyak beredar di dunia maya, Samsung Galaxy S9 akan dirilis akhir Februari nanti. Memiliki display 5,8 inch dan dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah Face ID milik iPhone X serta sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan tahan debu.

samsung galaxy s9 Bocoran image Samsung Galaxy S9 dan S9+

Lalu Samsung Galaxy S9 dan S9+ yang akan dirilis di ajang MWC akhir Februari mendatang memiliki layar 5.8 inci dan 6.2 inci dengan membawa pembaruan-pembaruan terbaiknya. Hp ini juga akan memiliki display lengkung yang mewah dan jernih.

Lalu ada juga Nokia yang akan meluncurkan dua jagoan barunya yaitu Nokia 8 Sirocco dan Nokia 9. Meski berbeda segmen pasar, namun keduanya akan menjadi suksesor dari generasi hp Android Nokia. Nokia 1 akan menggunakan platform Android Go dan memiliki konstruksi frame logam dan bodi polikarbonat. Kabarnya Nokia 1 akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp1,3 juta.

Sedangkan Nokia 8 Sirocco termasuk hp flagship dengan desain mewah. Kabarnya Nokia 8 Sirocco akan dipasarkan dengan harga diatas Rp10 juta. Hadir dengan dual kamera depan beresolusi 5MP dan dua kamera belakang beresolusi 13 MP plus fitur canggih seperti OIS, laser autofocus, PDAF dan dual-LED (dual tone) flash.

Tidak mau ketinggalan, Xiaomi juga telah menyiapkan Xiaomi Mi 7 yang tentunya akan menjadi penerus Xiaomi Mi 6. Desainnya sangat elegan dan tipis, bezel super tipis dan dua kamera utama sebesar 16MP, RAM 6GB dan chipset Snapdragon 845. Hp dengan teknologi 3D face recognition ini kabarnya akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp6 jutaan.  

Xiaomi Mi 7Bocoran konsep desain Xiaomi Mi 7

Sementara itu, beberapa vendor lain juga siap memperkenalkan produk anyar mereka. Seperti Sony melalui seri Xperia XZ2, lalu Huawei yang menyiapkan Huawei P11, Vivo dengan varian Vivo V8 dan HTC yang segera memasarkan HTC U12.

Perangkat-perangkat tersebut memang belum diluncurkan secara resmi oleh para vendor. Namun setidaknya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang memang berencana mengganti hp. Tapi bagi Anda yang tidak sabar menunggu kehadiran varian terbaru, ada beberapa hp 4G terbaik di 2017 lalu yang masih up to date untuk digunakan di 2018.

Berikut rekomendasi hp 4G terbaik yang bisa Anda pilih dengan rentang harga mulai dari sejutaan dari semua merek : 

Rekomendasi Hp 4G Sejutaan

Saat ini, hampir semua hp yang berada dipasaran sudah mendukung jaringan 4G. Tidak hanya dikelas menengah atas saja, kini banyak juga hp 4G terbaik yang dibanderol dengan harga terjangkau. Berikut beberapa rekomendasi hp 4G dengan harga sejutaan.

1. Xiaomi

Xiaomi
Xiaomi memang sudah dikenal sebagai vendor yang memproduksi hp berspesifikasi tinggi namun dijual dengan harga terjangkau. Sudah tidak terhitung berapa banyak varian hp Xiaomi yang sudah diluncurkan kepasaran global. Meski tidak semua hp Xiaomi dipasarkan di Indoneisa, namun produk-produk vendor asal Cina ini sudah diakui memiliki kualitas yang cukup baik.

Dan di rentang harga sejutaan, Anda masih diberikan banyak pilihan, termasuk yang sudah mendukung jaringan 4G. Untuk memudahkan Anda, berikut daftar rekomendasi hp Xiaomi 4G paling populer di pencarian Pricebook : 

 

2. Lenovo

Image via ExpertReviews

Sejak mengakuisisi Motorola, Lenovo memang terlihat fokus ke brand Moto dengan merilis beberapa varian terbaru. Meski demikian, mereka juga tetap konsisten dengan hp brand Lenovo. Buktinya pengguna hp Lenovo masih cukup banyak, terutama di segmen kelas low end dengan rentang harga sejutaan. Meski sebagian merupakan model lama, namun pilihan rekomenasi hp 4G Lenovo sejutaan dibawah ini cukup populer dalam pencarian Pricebook. Berikut pilihannya :

Nama Harga di Pasaran
Lenovo Vibe C A2020 16GB Rp 1,130,000
Lenovo A6600 Plus Rp 1,219,000
Lenovo K6 Power RAM 3GB ROM 32GB Rp 1,815,000
Lenovo Vibe K5 Plus A6020 RAM 3GB Rp 1,315,000
Lenovo Vibe K4 Note Rp 1,709,000

3. Samsung

Samsung
Hingga saat ini Samsung masih menjadi pemimpin di pasar hp dunia. Cukup banyak varian hp Samsung yang sudah masuk dipasar Tanah Air. Apalagi Samsung memiliki produk di semua segmen, mulai dari entry level hingga premium. Untuk dikelas low end dengan rentang harga sejutaan, berikut hp terbaik 2018 4G Samsung yang bisa Anda pilih. 

4. Apple iPhone

Image via Bustle

iPhone terkenal sebagai vendor dengan produk premium yang memiliki harga diatas rata-rata. Namun hal tersebut sesuai dengan kemampuan dan durabilitas yang ditawarkan. Seiring munculnya produk terbaru, harga hp 4G iPhone seri lama  makin tergerus. Bahkan kini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Untuk pilihannya, hp terbaik 2018 4G dari Apple :

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 5s 16GB Rp 1,250,000
Apple iPhone 5 32GB Rp 1,370,000
Apple iPhone 4s 64GB Rp 1,480,000
Apple iPhone 5c 16GB Rp 1,275,000
Apple iPhone 4 32GB Rp 1,000,000
 

5. ASUS

Image via DigitalTrends

ASUS juga termasuk vendor hp yang cukup populer, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Memiliki perangkat dalam varian Zenfone series, ASUS juga memiliki rangkaian hp 4G dengan harga terjangkau. Untuk harga di rentang sejutaan, Anda bisa dimungkinkan untuk memilih hp 4G ASUS dengan kualitas yang mumpuni. Meski ada yang seri lama, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Berikut pilihan Hp terbaik 4G dari ASUS:

 

Rekomendasi Hp 4G Rp2 jutaan

Jika menginginkan hp 4G terbaik dengan fitur dan spesifikasi yang sedikit lebih baik, Anda bisa memilih perangkat di rentang harga Rp 2 jutaan. Di rentang harga ini, fitur yang ditawarkan beragam mulai dari prosesor kelas menengah, menggunakan layar 2,5D, hingga penanaman baterai berkapasitas jumbo. Berikut beberapa rekomendasi hp 4G LTE di rentang harga Rp2 jutaan : 

1. Samsung

Samsung
Pilihan hp Samsung di rentang harga 2 jutaan yang sudah support 4G terbilang cukup banyak. Namun dikelas ini biasanya didominasi oleh Samsung J Series yang memang menjadi buruan pengguna. Dibekali fitur dan spesfikasi yang cukup andal, hp terbaik Samsung di bawah ini memiliki pencarian yang populer di Pricebook. Ini dia pilihannya :

2. Xiaomi

Di rentang harga dua jutaan, selain sudah mendukung jaringan 4G, hp Xiaomi di bawah ini juga dilengkapi fitur dan spesifikasi yang lebih baik. Salah satunya prosesor kelas menengah yang cukup mumpuni untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan ada diantaranya yang menanam baterai berkapasitas jumbo. Berikut pilihan hp terbaik 4G dari Xiaomi: 

 

3. ASUS

asus
Seperti vendor lain, dikelas menengah dengan rentang harga Rp2 jutaan ASUS juga memiliki beragam varian yang bisa Anda pilih. Menariknya, beberapa pilihan hp 4G dari ASUS yang populer di pencarian Pricebook merupakan varian terbaru dari lini ASUS Zenfone 4 series. Sedangkan pilihan lainnya merupakan generasi yang terbilang masih cukup hangat. Berikut rekomendasi hp terbaik 4G dari ASUS :

   

4. OPPO

Image via gadgetsmagazine.com.ph

Saat ini, brand OPPO terus melesat naik berkat lini produk hp yang mengusung kamera depan berkualitas tinggi. OPPO memang digemari para pecinta foto selfie yang mengutamakan kemampuan kamera untuk mengabadikan momen pribadi mereka. Hanya saja, di rentang harga Rp2 jutaan OPPO tidak memiliki banyak pilihan produk dengan kemampuan khusus pada foto selfie yang terdapat di lini OPPO F series. Namun, pilihan dibawah ini bisa menjadi opsi alternatif untuk Anda :

Nama Harga di Pasaran
OPPO A39 Rp 2,350,000
OPPO F1s Selfie Expert 32GB Rp 2,659,000
OPPO A57 Rp 2,550,000
OPPO A83 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1,990,000
OPPO R7 Lite Rp 2,699,000
     

5. Vivo

Vivo dikenal sebagai vendor yang menggebrak pasar dengan mengusung kamera depan beresolusi tinggi. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan merilis hp dengan kamera depan beresolusi 24MP.

Hanya saja harganya memang terbilang masih cukup mahal. Namun tidak perlu khawatir, karena direntang harga Rp2 jutaan Anda masih bisa memiliki opsi lain  dengan kemampuan yang tidak kalah baiknya. Hp Vivo dibawah ini tentu saja sudah mendukung jaringan 4G dan memiliki kualitas kamera yang cukup ok.

Nama Harga di Pasaran
Vivo V5 Rp 2,649,000
Vivo V7 Rp 2,699,000
Vivo Y69 Rp 2,302,500
Vivo V3 Rp 2,399,000
Vivo V5 Lite Y66 Rp 2,299,000
 

Rekomendasi Hp 4G Mulai Rp 3 Jutaan

Untuk Anda yang memiliki dana lebih, mungkin bisa memilih hp 4G dengan kemampuan yang mumpuni. Dengan rentang harga Rp 3 jutaan tentu Anda akan mendapatkan beragam fitur yang jauh lebih canggih dan terkini.

Di kisaran harga ini, ada beberapa hp 4G yang dilengkapi dengan dual kamera, prosesor bertenaga, hingga kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Berikut pilihan hp 4G LTE di rentang harga Rp 3 jutaan :

1. OPPO

oppo
Di rentang harga Rp3 jutaan, Anda tidak hanya mendapatkan hp 4G terbaik dari OPPO tapi juga kemampuan selfie yang memukau. Bahkan salah satunya merupakan rilisan terbaru yang belum lama diluncurkan di Indonesia. Meski demikian, ada juga pilihan dari varian dari generasi sebelumnya yang juga dibekali fitur dan spesifikasi tinggi. 

Nama Harga di Pasaran
OPPO F5 RAM 4GB ROM 32GB Rp 2,799,000
OPPO F7 RAM 4GB ROM 64GB Rp 3,499,000
OPPO F1 Selfie Expert Rp 3,499,000
OPPO F7 Youth Rp 3,425,000
OPPO F3 Plus Rp 3,299,000

2. Xiaomi

Dengan harga yang lebih tinggi, tentu kemampuan sebuah hp akan sesuai dengan ekspektasi yang Anda harapkan. Dan di rentang harga Rp3 jutaan, pilihan hp Xiaomi dibawah ini sudah dibekali beragam fitur canggih. Mulai dari prosesor kelas atas, memori RAM dan internal yang lebih luas hingga kemampuan kamera yang menawarkan hasil foto mumpuni. Berdasarkan pencarian populer di Pricebook, berikut rekomendasi hp 4G terbaik Xiaomi di harga Rp3 jutaan. 

Nama Harga di Pasaran
Xiaomi Redmi Note 5 Pro 6GB Rp 3,385,000
Xiaomi Mi Max RAM 4GB ROM 128GB Rp 3,700,000
Xiaomi Mi Max 2 RAM 4GB ROM 128GB Rp 3,050,000
Asus ZenFone 5Q Rp 3,360,000
Xiaomi Mi5s Plus RAM 4GB ROM 64GB Rp 3,600,000
 

3. ASUS

Asus
Hp ASUS di rentang harga Rp3 jutaan menawarkan fitur yang jauh lebih baik. Bahkan terdapat varian terbaru yang diluncurkan tahun ini. Ada yang mengunggulkan kamera selfie hingga menanam memori RAM 4GB. Bahkan beberapa diantaranya sudah menyediakan ruang penyimpanan besar hingga 64GB.

Nama Harga di Pasaran
Asus Zenfone Zoom S ZE553KL Rp 3,200,000
Asus ZenFone 5Q Rp 3,360,000
Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Rp 3,260,000
Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL 64GB Rp 5,575,000
Asus Zenfone 3 ZE552KL 32GB Rp 2,950,000
 

4. Samsung

Image via Revu

Jika Anda adalah penggemar hp Samsung, di kelas ini cukup banyak pilihan yang bisa menjadi prioritas. Termasuk produk lansiran terbaru yang tentu mendukung jaringan 4G dengan penanaman fitur terbaik. Salah satunya memiliki ruang penyimpanan dan memori RAM yang cukup besar. Direntang harga Rp3 jutaan, Samsung C series paling mendominasi. Berikut pilihannya : 

Nama Harga di Pasaran
Samsung Galaxy J7 Pro Rp 3,269,900
Samsung Galaxy C7 32GB Rp 3,960,000
Samsung Galaxy C5 64GB Rp 2,800,000
Samsung Galaxy A3 (2017) Rp 2,750,000
Samsung Galaxy C5 Pro Rp 3,850,000
 

5. Apple iPhone

Image via Gadgetflow

iPhone memang dikenal dengan harganya yang mahal, namun itu sebanding dengan kulitas yang ditawarkan. Jika Anda mempunyai dana dengan rentang harga Rp3 - 4 juta, mungkin pilihan iPhone dibawah ini bisa masuk dalam daftar utama. Memang bukan iPhone terbaru, namun setidaknya Anda bisa merasakan dan mengoptimalkan sistem iOS yang menjadi ciri khas mereka. 

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 6s 64GB Rp 3,200,000
Apple iPhone 6s 128GB Rp 3,634,000
Apple iPhone 6 Plus 64GB Rp 3,250,000
Apple iPhone 6 32GB Rp 3,350,000
Apple iPhone 6 Plus 128GB Rp 3,799,000
 

Apa itu 4G?

4G LTE
Dalam bahasa telekomunikasi, jaringan seluler 4G (fourth generation) merupakan standar generasi keempat dalam komunikasi mobile. Teknologi ini menjadi penerus dari 3G (generasi ketiga) yang menawarkan akses internet ultra-broadband. Sehingga jaringan 4G akan memberikan kecepatan dan efisiensi yang jauh lebih baik.

Teknologi ini mampu memberikan kecepatan akses internet hingga 10 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dengan kecepatan ini memungkinkan kita lebih cepat dan efisien saat bekerja secara online melalui perangkat mobile, seperti hp, laptop dan tablet.

Dengan akses berkecepatan tinggi, kita bisa menikmati beragam layanan berbasis internet seperti komunikasi berbasis IP yang disebut Voice Over Internet Protocol (VoIP). Contoh dari teknologi ini adalah kita bisa melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp, BBM, Skype dan layanan sejenis lain. Kita juga bisa menikmati tayangan film HD secara streaming dengan lancar tanpa buffering, memainkan game online, hingga melakukan video call.  

Beda 4G LTE-FDD dan LTE-TDD

4G LTE
Di industri mobile, teknologi 4G juga dikenal dengan istilah 4G LTE (Long Term Evolution). Padahal secara teknis, 4G dan LTE memiliki kriteria yang berbeda. Namun, karena terkait pemasaran dan kemajuan teknologi yang signifikan, akhirnya lembaga dunia yang berwenang memutuskan bahwa LTE bisa juga disebut sebagai teknologi 4G. 4G LTE ini sendiri terbagi menjadi 2 yaitu LTE-TDD (Long-Term Evolution Time-Division Duplex) dan LTE-FDD (Long-Term Evolution Frequency-Division).

Ada dua perbedaan utama antara LTE-TDD dan LTE-FDD yaitu bagaimana data diunggah dan diunduh serta spektrum frekuensi apa yang digunakan untuk jaringan. Jika LTE-FDD menggunakan sepasang frekuensi untuk mengunggah dan mengunduh data, maka LTE-TDD menggunakan frekuensi tunggal, bergantian antara unggah dan unduh data.

LTE-TDD dan LTE-FDD juga beroperasi pada pita frekuensi yang berbeda. Dimana LTE-TDD menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan LTE-FDD di frekuesi lebih rendah. Untuk LTE-FDD menggunakan band 1 - 30, sementara LTE-TDD berada di band 33 – 44. Untuk melihat jenis teknologi 4G LTE yang digunakan hp, kita bisa melihat dari box perangkat.   

4G lte
Kami coba rangkum daftar band frekuensi LTE yang digunakan seluruh operator di Indonesia :

  • Telkomsel : menggunakan FDD LTE di band B8 (frekuensi 900 MHz) dan band B3 (frekuensi 1.800 MHz)
  • XL Axiata:  FDD LTE band B8 (frekuensi 900 MHz) dan band B3 (frekuensi 1.800 MHz)
  • Indosat Ooredoo : menggunakan FDD LTE band B8 (frekuensi 900 MHz) dan band B3 (frekuensi 1.800 MHz)
  • Tri :  FDD LTE band B3 (frekuensi 1.800 MHz)
  • Smartfren :  FDD LTE band B5 (frekuensi 850 Mhz) dan TDD LTE band B40 (frekuensi 2.300 MHz)
  • Bolt : TDD LTE band B40 (frekuensi 2.300 MHz)

Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat informasi penggunaan band frekuensi di situs resmi operator, termasuk ketersediaan jaringannya di area kita.  

Kesimpulan

Hp 4G yang memiliki kecepatan akses internet tinggi memang sudah menjadi sebuah kebutuhan pengguna. Karena hampir semua aktivitas membutuhkan koneksi internet yang cepat, mulai dari berselancar ke internet, aktif di sosial media, bahkan bermain game pun membutuhkan koneksi yang cepat. Namun banyaknya hp 4G LTE yang kini ada dipasaran tentu akan membuat Anda bingung.

Oleh karena itu, adanya artikel ini mungkin bisa membantu Anda memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Sabtu, 23 Jun 2018 | 11:33
kenapa kalau pake tampilan mobile kadang isi Artikel suka Ke potong ... apa harus tampilan dekstop ya..
Ervan setiawan Sabtu, 23 Jun 2018 | 11:36
Sebenarnya pengen tau informasi harga hp2 Lenovo eh ternyata lebih fokus ke Motorola. soalnya belum ada yg baru.