Apple MacBook Pro 2016 Dilaporkan Mengalami Boros Baterai, Haruskah Ditarik?

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 5 Des 2016 | 03:40

Apple cukup sukses menghadirkan iPhone terbaru, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Meski sempat ada kasus meledak, hal tersebut tidak membuat iPhone terbaru kehilangan konsumen. Di kelas laptop, Apple pun telah menghadirkan laptop generasi baru, Apple MacBook Pro 2016.

Laptop ini hadir dengan sejumlah teknologi baru yang diklaim kian mempermudah penggunanya dalam bekerja. Sayangnya semenjak dirilis, telah muncul berbagai keluhan mengenai laptop ini, mulai dari VGA yang tidak terbaca hingga yang sedang hangat baterai yang sangat boros. Padahal, Apple menjanjikan bahwa laptop ini mampu digunakan hingga 10 jam. Namun, beberapa pengguna MacBook Pro 2016 menemukan laptop hanya bisa digunakan 3-6 jam saja.

Menurut salah seorang pemilik MacBook Pro 2016 di forum, saat itu ia menggunakan monitor eksternal 1080p dan browsing menggunakan Chrome. Laptopnya saat itu dalam kondisi full charge. Namun, ternyata laptop hanya bertahan selama 3 jam saja. Menurut pengguna dengan akun Aioriya mengungkapkan ia menggunakan model 13 inci Touch Bar. Laptop Applenya juga baru digunakan selama seminggu untuk browsing saja. Namun ternyata laptop hanya bertahan 5 – 6,5 jam saja padahal Apple mengklaim baterai bisa bertahan 10 jam. Sementara itu pengguna lainnya mengklaim bahwa baterai laptop Apple ini berkurang 5 % setiap 12 menit.

Tampak jelas klaim dari Apple tentang daya tahan baterai MacBook Pro memang tidak akurat. Walaupun demikian banyak alasan mengapa daya tahan baterai antar pengguna berbeda-beda. Namun berdasarkan cerita banyak pengguna, penyebab baterai boros karena cara penggunaan yang berbeda hingga adanya masalah pada hardware.

Pasalnya ada pengguna lain yang menyebutkan bahwa Macbook Pro 2016 miliknya bisa bertahan selama 10 jam 35 menit. Pengguna ini bekerja non stop selama 1,5 jam dengan membuka email, safari, kalander, messages, mengatur file, mengedit pdf dan membuat beberapa file excel hanya menyisakan baterai 92%.

Apple pun belum memberi respon atas masalah borosnya baterai MacBook Pro 2016. Namun, Apple merilis Tips untuk memaksimalkan baterai pada MacBook Pro termasuk segera mengupdate macOS. Semoga saja Apple Macbook Pro 2016 tidak ditarik dari pasaran sama seperti kasus Samsung Note 7

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.4 inch
Resolusi Layar 2880 x 1800 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 -
OS macOS Sierra
Tipe Kartu Grafis Radeon Pro 455

Baca juga artikel:
Pengguna Apple Macbook Pro Terbaru Mengeluhkan Adanya Bug Video Glitches
Fitur Thunderbolt 3 Pada Apple MacBook Pro 2016 Bermasalah
Apple Rilis Macbook Pro 2016 Dengan Touch Bar dan Touch ID

Artikel Lainnya

Komentar