PogoCam, Kacamata Kamera Pesaing Spectacles

Oleh Kusnadar updated Rabu, 30 Nov 2016 | 05:51

Kamera dalam kacamata akan kembali muncul di pasaran, setelah sebelumnya hadir Spectacles, yang merupakan buah karya pembuat aplikasi Snapchat. Kali ini kacamata kamera terbaru dibuat oleh PogoTec dengan nama PogoCam.

Tapi alih-alih membuat kacamata dengan kamera yang berada di dalam, PogoTec justru menggunakan teknologi modular, yang tentunya merupakan cara yang sedikit berbeda. Perusahaan ingin mengganti kawat pendukung yang berada di lengan atau templess kacamata dengan sesuatu yang datar, magnetik, dan kemudian memotong bagian dari plastik sekitarnya untuk mengekspos logam.

Mereka menyebut desain ini sebagai "PogoTrack," dan perusahaan mengatakan telah bermitra dengan sejumlah perusahaan penyedia frame kacamata untuk menggabungkan ide ke dalam produk mereka. Sekadar informasi, apa yang dilakukan oleh Pogotech merupakan sebuah peningkatan dalam jumlah perusahaan yang ingin menempatkan teknologi di wajah Anda.

Dilansir dari The Verge (30/11) PogoTech sendiri belum mau untuk mengatakan kepada siapa mereka bermitra, namun Richard Clompus, vice president of communications di PoGo Tech telah memamerkan sekitar 30 gaya yang berbeda selama briefing singkat pekan lalu.

Inti dari gagasan ini adalah bahwa Anda akan dapat melampirkan salah satu dari rangkaian produk PogoTec untuk sepasang kacamata tanpa dibatasi pada desain, atau ditinggalkan karena desain sudah usang dan Anda telah memakai kacamata berdasarkan resep dokter.

Produk pertama PogoTech sendiri akan menjadi sebuah kacamata kamera yang sesuai dengan keinginan masyarakat, mulai dari desain dan kenyamanan ketika digunakan.

Sementara itu, kamera yang disematkan ke dalam pinggiran frame kacamata ini merupakan PogoCam, yakni sebuah kamera dari PogoTech yang memiliki harga $US 129.

PogoCam sendiri adalah unit self-powered kecil yang ukurannya bahkan lebih kecil dari sebuah lipstik. Ini memiliki kepingan logam sendiri yang magnetic dan menempel pada setiap kacamata dari PogoTrack.

Paket yang dihasilkan memang berbeda dari kacamata pada umumnya, namun juga tidak cukup ‘aneh’ seperti halnya Google Glass. Manfaat terbesar dari desain semacam ini adalah bahwa Anda dapat dengan mudah melepaskan kamera kecil ini jika Anda berada di tempat atau situasi di mana orang-orang tidak merasa nyaman untuk direkam atau difoto.

Berbicara mengenai ukuran dan portabilitas kamera ini juga memiliki kelemahan besar. PogoCam hanya bisa merekam maksimal 100 foto atau 1210 detik klip video berukuran 720p. Kamera ini juga hanya memiliki sensor sebesar 5-megapixel, cukup kecil dengan standar saat ini.

Tidak seperti kacamata, tidak ada sistem nirkabel untuk mentransfer data, Anda harus mengambil kamera dari kacamata dan meletakan mereka ke dalam sebuah casing yang dihubungkan ke laptop Anda. 

PogoTec sendiri baru akan memamerkan versi PogoCam yang sudah sempurna dan mengumumkan tentang proyek ini di ajang Consumer Electronics Show (CES) pada bulan Januari mendatang 

Baca juga artikel:
Spectacles: Kacamata Pintar Buatan Snapchat
Cyclops Pocket: Action Camera 4K Terkecil dengan Interchangeable Lens
Rollei Actioncam 430 Dirilis dengan Fitur Video 4K dan Full HD Slow Motion

Artikel Lainnya

Komentar