Samsung Perkenalkan Asisten Virtual Bixby dan Kestra

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 29 Nov 2016 | 15:11

Rumor mengenai kehadiran flagship Samsung Galaxy S8 dan S8 Edge terus ramai dibicarakan. Selain spesifikasi teknis, rumor yang beredar pun menyebutkan fitur-fitur terbaru yang akan disematkan pada Galaxy S8.

Pasca mengakuisisi Viv Labs, startup berbasis di California, Amerika Serikat, Samsung mematenkan sejumlah fitur seperti teknologi pemrosesan pembayaran berdasarkan perintah suara ke kantor kekayaan intelektual di Uni Eropa.

Viv Labs sendiri sebelumnya membuat asisten virtual yang dikembangkan oleh pencipta Siri. Fakta ini pun berkembang karena Samsung kabarnya menggunakan fitur asisten virtual untuk smartphone Galaxy S8.

Bixby dan Kestra merupakan nama asisten virtual yang akan digunakan pada produk barunya tersebut. Bixby merujuk pada maskulinitas, sementara Kestra sebaliknya. Selain itu, beberapa ejaan Bixby juga telah dijadikan merek dagang oleh Samsung, seperti Bix-bee, Bix-by, Bix:)bee dan Bix:)by.

Deskripsi dari nama ini mengisyaratkan fungsi sebagai software komputer yang memungkinkan penggunaan ponsel melalui pengenalan suara dan perangkat lunak software komputer untuk memproses perintah suara. Selain itu, Bixby dan Kestra juga erat hubungannya dengan Star Trek karena merujuk pada galaksi sebagai taman bermainnya.

Sebelumnya, Samsung juga pernah mengembangkan asisten perintah suara bernama S-Voice. Akan tetapi, aplikasi ini menjadi opsional karena sejumlah smartphone Samsung kini sudah terintegrasi Google Now secara default. Melalui adanya Bixby dan Kestra, tentu saja smartphone premium Samsung akan terasa lebih eksklusif.

Baca juga artikel:
Windows 10 Update Bawa Peningkatan di Cortana, Edge, dan Start Menu
Viv, Aplikasi Asisten Virtual Terbaru yang Diklaim Lebih Baik Dari Siri
Ini Daftar Pertanyaan Unik untuk Siri yang Layak Coba

 

Artikel Lainnya

Komentar