Smartphone Android Nokia Muncul di Geekbench, Nokia Pixel

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 25 Nov 2016 | 11:38

Berita kemunculan smartphone Nokia yang ditenagai Android terus mengemuka. Hanya saja, masih banyak yang hal yang belum diketahui mengenai perangkat apa dan spesifikasi yang akan dibawa.

Sebelumnya muncul rumor yang mengungkapkan beberapa informasi tentang handset andalan Nokia yang muncul menggunakan prosesor Snapdragon 820, layar Quad HD dan optik Zeiss untuk fasilitas kameranya. Namun tidak ada yang jelas mengenai kepastian perangkat.

Namun baru-baru ini sebuah smartphone bernama Nokia Pixel terlihat di Geekbench, sebuah nama yang mirip dengan Google Pixel. Berdasarkan informasi tersebut, Nokia Pixel ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 7.0.1 Nougat. Ini merupakan versi update dari Android 7.0 yang berisi bug pada masalah baterai yang ditemukan.

Perangkat mobile anyar Nokia ini ditenagai prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 200 yang memiliki kecepatan 1,9 GHz. Kinerjanya akan disokong kartu grafis Adreno 302, dan hanya dibekali kapasitas memori RAM sebesar 1GB. Nokia Pixel juga didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan perangkat untuk mengisi ulang baterai dengan lebih cepat.


Dari hasil pengujian yang dilakukan Geekbench, Nokia Pixel hanya mendapat skor 404 untuk tes single-core dan 661 untuk tes multi-core. Angka yang memang tidak terlalu tinggi, oleh karena itu perangkat ini nampaknya akan menjadi handset Android yang menyasar pada pengguna baru. Selain data-data tersebut belum ada rincian lainnya yang tercatat dalam entri Geekbench.

Tidak hanya Nokia Pixel, Geekbench juga menampilkan hasil pengujian dari perangkat Nokia lainnya, yaitu Nokia Ara. Secara spesifikasi, Nokia Ara sangat identik dengan Nokia Pixel. Yang membuatnya berbeda dengan Nokia Pixel adalah Nokia Ara berjalan dengan sistem operasi Android 5.1.1. Dimana untuk pengujian Nokia Ara mendapat skor 400 untuk tes single-core dan 664 untuk tes multi-core.

Sementara itu, sebuah kabar juga menyebutkan jika Nokia akan meluncurkan smartphone Android baru mereka sebelum tahun 2016 berakhir. Namun kabar lainnya menyebut jika tidak akan ada perilisan smartphone Nokia sebelum gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol yang dimulai pada 17 Februari hingga 2 Maret 2017.

Berdasarkan informasi-informasi yang telah diungkap, setidaknya akan ada tiga smartphone Android yang akan dirilis Nokia, setidaknya pada tahun depan. Nokia sendiri telah dibeli oleh Foxconn sebesar US$ 350 juta dari Microsoft dan akan menjual handset dengan merek Nokia.

Baca juga artikel:
Nokia Lumia 520 Masih Menjadi Windows Phone Paling Populer
Resmi Masuk Indonesia, Nokia 216 Ready Stock di Toko Hape Jakarta
Spesifikasi Smartphone Android Nokia D1C Muncul di AnTuTu, Ini Dia Bocorannya!

Artikel Lainnya

Komentar