Diperbaharui pada Selasa, 22 November 2016 | 14:33

Hitachi Kembangkan Kamera Tanpa Lensa ?

Sebuah Kamera normalnya hanya bisa menangkap gambar melalui lensa yang memfokuskan cahaya ke sensor atau film. Berangkat dari hal tersebut, banyak vendor kamera yang juga menjual berbagai macam lensa lengkap dengan keunggulannya, bahkan ada juga perusahaan third party yang mencoba membuat lensa yang compatible dengan produk dan merek kamera buatan vendor-vendor tersebut.

Namun, beberapa waktu mendatang mungkin industri lensa akan lesu, pasalnya Hitachi, vendor yang sudah terdengar nyaring namanya di pasar Indonesia tengah membuat sebuah kamera yang dapat menangkap citra (Image) tanpa menggunakan lensa.

Perusahaan asal Jepang tersebut saat ini tengah mengembangkan teknologi "kamera tanpa lensa" yang berarti hanya body kameranya saja, seolah merupakan kotak persegi yang berbentuk rata, tanpa lensa yang biasanya akan menjorok kedepan.

Nantinya, kamera tersebut hanya akan terdiri dari sensor dan lapisan film khusus yang diposisikan persis di depannya. Lapisan film berpola "concentric circle" inilah yang menggantikan fungsi lensa dengan meneruskan gambar obyek ke sensor.

Dilansir dari PetaPixel, Informasi cahaya yang diterima oleh sensor tadi kemudian akan direkonstruksi menjadi gambar obyek dengan bantuan algoritma khusus yang berperan sebagai penganti lensa.

 

Bukan hanya itu, kamera tanpa lensa ini nantinya juga akan menangkap informasi jarak obyek sehingga gambar bisa difokuskan ulang setelah direkam oleh sensor. Semisal, apabila wajah orang terlihat buram karena tidak fokus dalam rekaman CCTV, gambar bisa dibuat tajam dengan memindahkan titik fokus ke wajah orang yang bersangkutan. Hal itu dapat dilakukan setelah gambar direkam atau retouch.

Namun, kehadiran kamera tanpa lensa ini tidak akan menyurutkan industri lensa dan kamera konvensional lainnya, pasalnya Hitachi mengklaim bahwa teknologi kamera tanpa lensa ini tidak dimaksudkan untuk mengganti peranan kamera tradisional, tapi lebih untuk memungkinkan penggunaan kamera dalam skenario yang sebelumnya sulit terwujud karena batasan ukuran dan berat.



Tepatnya, Hitachi membayangkan kamera tersebut dipakai untuk keperluan connected car, analisa perilaku manusia, robotika, dan perangkat mobile. Rencananya kamera tanpa Lensa pabrikan Hitachi ini akan mulai dikomersialkan pada 2018 mendatang.

Jika melihat kebelakang, sejatinya teknologi kamera tanpa lensa sendiri bukanlah sebuah hal baru. Sebelumnya, tim dari Columbia University pernah mengembangkan kamera serupa lembaran kertas, demikian pula dengan Rice University yang membuat kamera ponsel tanpa lensa bernama "FlatCam". Bukan hanya itu, jika beranjak jauh kebelakang lagi, anda tentu akan menemukan sebuah kamera tanpa lensa yang bernama “kamera lubang jarum”. Di Indonesia sendiri, komunitas dari kamera ini juga cukup banyak pada tahun 2010-an.

Baca juga artikel:
Sebagai Permintaan Maaf, GoPro Berikan Hero5 Black Ke Pelanggan
Cara Mudah Reset Password GoPro Hero 5 Session & Black
Asus Zenfone Go ZB500KL Masuk Pasar Indonesia Harga 1,8 juta
Like us!
Kusnadar

Contributor

43 Posts