Sebagai Permintaan Maaf, GoPro Gratiskan Hero5 Black ke Pelanggan

Oleh Kusnadar updated Selasa, 22 Nov 2016 | 17:56

Karma adalah drone pertama dari GoPro yang diperkenalkan pertengahan September lalu. Belakangan, drone yang baru dijual selama 16 hari itu ditarik dari pasaran karena pembuatnya menemukan masalah.

“Di sejumlah kecil kasus, drone Karma bisa kehilangan daya secara tiba-tiba selagi beroperasi,” sebut GoPro.

Sejauh ini, masalah yang dimaksud belum pernah dilaporkan menimbulkan cedera atau kerusakan properti. Namun, GoPro tak mau ambil risiko.

Recall pun dilakukan terhadap drone yang bisa dipasangi action camera seri Hero itu. Semua drone Karma yang terjual sejak 23 Oktober sebanyak 2.500 unit ditarik kembali. Artinya, semua produk yang sudah di tangan pembeli berpotensi terdampak masalah kehilangan daya tiba-tiba.

GoPro menawarkan pengembalian dana secara penuh lewat situs GoPro atau tempat pembelian lain. Tak ada opsi untuk menukar Karma dengan unit baru yang sudah diperbaiki karena memang belum ada.

Peminat Karma mesti menunggu GoPro menyelesaikan masalah Karma dan kembali memasarkan versi baru dari drone dimaksud.

“Kami sangat menyesal telah membuat para pelanggan menjadi tidak nyaman. Kami melakukan semua langkah agar proses pengembalian dan refund bisa semudah mungkin,” kata CEO GoPro Nick Woodman.

Penarikan Karma terjadi tak lama setelah GoPro mengumumkan penurunan penjualan pada kuartal-III 2016, sebanyak 40 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Pengumuman tersebut membuat harga saham GoPro ikut menurun. Begitu pula dengan recall Karma, kabar ini dilaporkan memangkas saham GoPro sebesar 8 persen dalam perdagangan after hours.

Penggantian Hero5

Ditariknya drone pertama dari GoPro ini memang sangat disayangkan, pasalnya sudah banyak masyarakat yang menjadi pelanggan dari drone pabrikan perusahaan kamera ini. Seluruh pembeli perangkat ini juga sudah cukup frustasi untuk menunggu unit yang ditarik tadi dikembalikan atau menunggu pengembalian dana.

Dilansir dari laman slashgear, untuk membuat pelanggan kembali ceria, akhirnya pihak GoPro memberikan sebuah penggantian untuk para pembeli (yang tinggal di Amerika Serikat) kamera HERO5 black secara cuma-cuma alias gratis setelah mereka mengembalikan pesawat tak berawak dan segala sesuatu yang berhubungan dengan itu.

GoPro memberikan action camera Hero5 Black secara cuma-cuma kepada setiap pemilik drone Karma yang ditarik (recall). Hal ini merupakan bentuk kompensasi tambahan dari GoPro untuk mengobati kekecewaan pembeli Karma.

Hanya saja, menurut laporan tersebut program ini hanya berlaku bagi konsumen di Amerika Serikat dan belum disebutkan lagi mengenai pelanggan di negara lainnya.

Karma merupakan drone perdana GoPro yang diluncurkan pada akhir September. Drone yang kompatibel dengan Hero5 Black, Hero5 Session, dan Hero4 Silver ini berukuran sangat ringkas, sampai-sampai bisa dimasukkan ke dalam tas punggung.

Ada pula fitur 3-axis camera stabilizer yang meredam getaran sehingga foto atau video yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Kini, hampir sebulan setelahnya, GoPro membuat kebijakan untuk memberikan Hero5 Black jika konsumen mengembalikan Karma beserta seluruh aksesoris yang menyertainya. Hadiah ini juga tak mempengaruhi jumlah uang yang akan dikembalikan kepada mereka dan konsumen tetap mendapatkan uang mereka secara penuh.

GoPro memiliki petunjuk tentang cara untuk mengembalikan pesawat tak berawak pada halaman recall Web-nya, serta daftar FAQ dengan rincian lebih lanjut bagi mereka yang tertarik.

Baca juga artikel:
Cara Mudah Reset Password GoPro Hero 5 Session & Black
GoPro Tarik 2500 Unit Drono GoPro Karma, Ada Apa?
Action Cam GOPRO Hero 5 Black dan GOPRO Hero 5 Session Resmi Diperkenalkan

Artikel Lainnya

Komentar