Keyboard Samsung Galaxy S6 dan S7 Dilaporkan Bermasalah

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 01 Nov 2016 | 11:15

Semakin berkembangnya dunia gadger saat ini ternyata berimbas juga pada beberapa aplikasi yang mengalami bug atau hang. Hal ini terasa kian sering semenjak hadirnya sistem operasi baru. Beberapa aplikasi yang bug memang tidak bisa digunakan sama sekali, hal ini tentu sangat menganggu penggunaan smartphone.

Menurut laporan dari sebuah forum internet, beberapa pengguna smartphone premium Samsung mengatakan aplikasi keyboard bawaan di Samsung Galaxy S6 dan S7 bermasalah.

Beberapa pengguna ponsel Android premium terbaru melaporkan keyboard tidak bisa digunakan pada aplikasi email bawaan. Hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai penyebab masalah ini. Apakah karena update sistem operasi? Atau memang karena aplikasi keyboard yang memang terkena bug?

Menariknya, laporan dari keyboard Samsung Galaxy S6 dan S7 yang bermasalah ini terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Masalah ini juga hanya menginfeksi aplikasi email bawaan, jadi kamu tetap bisa mengirim email dengan Gmail atau aplikasi email lainnya dengan aman.

Kasus ini memang unik pasalnya terjadi secara acak. Keyboard mulai tidak bisa digunakan saat pengguna mencoba mengetik di aplikasi email bawaan. Tidak hanya tidak bisa dipakai, beberapa pengguna malaporkan bahwa keyboard Samsung Galaxy S6 dan S7 miliknya beberapa fiturnya error. Misal bagian autocorrect dan bagian delete. Sementara bagian autoreplace, autocaps, autospace dan beberapa fitur lainnya mati. Sayangnya, beberapa pengguna ponsel premium Samsung sudah mencoba mereset perangkat. Namun ternyata hal ini tidak berpengaruh banyak.

Beberapa pengamat smartphone menyebutkan, kasus ini hanya terjadi pada aplikasi Keyboard bawaan Samsung. Jadi, disarankan untuk pengguna Galaxy S6 dan S7 menggunakan aplikasi keyboard dari Google atau Swiftkey.

Laman SamMobile sendiri memperkirakan penyebab masalah ini karena adanya update server bermasalah yang berimbas pada aplikasi keyboard maupun email. Jika kasus ini tidak segera diatasi Samsung, bisa jadi nama Samsung kian terpuruk. Banyak pengguna Samsung Galaxy S6 dan S7 yang menantikan update untuk bugs ini sehingga smartphone kian maksimal digunakan.

Baca juga artikel:
Bug Keyboard Swiftkey Bisa Bocorkan Informasi Pribadi Pengguna
Swiftmoji, Aplikasi Keyboard Swiftkey dengan Fitur Prediksi Emoji
Cara Membedakan Samsung Galaxy S7 Asli dengan yang Palsu

Artikel Lainnya

Komentar