Papan Tulis Digital Ala Google, Google Jamboard Siap Dirilis Awal 2017

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 31 Okt 2016 | 17:19

Google's Jamboard

Mengikuti tren di berbagai sektor, Google terus membuat inovasi baik dari segi software maupun hardware.

Kini giliran sektor bisnis yang disapa Google karena selain terus mengembangkan aplikasi kolaborasi berbasis cloud semisal Google Drive, Gmail dan Google Docs, perusahaan ini kini memperkenalkan sebuah perangkat yang di dalamnya memiliki teknologi canggih.

Adalah Google Jamboard yang merupakan sebuah perangkat untuk difungsikan sebagai papan tulis. Menjadi pengganti papan tulis tradisional yang biasanya memakai spidol untuk menulis, Jamboard mengusung layar sentuh seluas 55 inch beresolusi 4K.

Google Jamboard

Siap dirilis ke pasaran pada awal tahun 2017 mendatang, Google mengklaim bahwa papan tulis digital milikya ini memungkinkan penggunannya untuk menampilkan data yang sudah disimpan di Docs, Slides dan Sheets. Sementara jika user ingin menambahkan gambar, aplikasi Google Drive siap membantuk untuk memudahkan.

Tidak hanya itu, raksasa pencarian ini pun menginformasikan terkait fitur khusus dari papan tulis pintar miliknya. Fitur ini adalah sticky notes dan stensil yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan presentasi bisnis.

Kehebatan lain dari Google Jamboard adalah semua file yang diubah dan dibuat di papan tulis akan tersimpan langsung ke dalam layanan cloud Google Drive. Sementara user lain atau karyawan lain bisa memeriksa dokumen tersebut menggunakan smartphone atau tablet yang sudah terhubung dengan layanan Google.

Google Jamboard

Mengenai desain, Google Jamboard mengusung konsep yang sama dengan papan tulis. Namun, adanya penggunaan teknologi membuat papan tulis ini sangat menarik, terlebih ia pun bisa dipindahkan ke ruangan lain dengan sangat mudah.

Sejauh ini, belum banyak informasi detail mengenai kemampuan dari Google Jamboard atau papan tulis digital Google ini. Namun jika melihat video YouTube yang disiarkan channel G Suite, sepertinya Google Jamboard akan dilengkapi dengan dua buah stylush untuk membantu pengguna menulis di papan tulis, juga penghapus yang bisa difungsikan untuk menghapus konten.

Sampai saat ini, Google belum mengumumkan harga jual terkait papan tulis pintar ini. Perkiraannya, Google Jamboard akan dibandrol di bawah US$ 6000 atau sekitar Rp 78 jutaan.

Baca juga artikel
Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?
Cari Tiket Pesawat Murah dengan Google Flights
Duel Ponsel Google, Google Pixel vs LG Nexus 5X , Mana yang Terbaik?

Artikel Lainnya

Komentar