Prisma Siapkan Filter Artistik untuk Streaming Video

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 1 Nov 2016 | 02:22

Aplikasi edit foto Prisma telah menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer dikalangan pengguna gadget. Aplikasi ini hadir dengan sejumlah teknologi yang membuat foto bisa tampak seperti karya seni. Setelah sukses mengedit foto, Prisma kini mencoba menghadirkan efek filter artistik untuk live streaming menggunakan Prisma Live.

Aplikasi ini menggunakan API Facebook Live yang baru dirilis. API ini memungkinkan pengembang pihak ketiga bekerja menggunakan teknologi video buatan sendiri dalam aplikasi mereka.

Alexey Moiseenkov selaku Chief Executive dan Co-Founder Prisma  mengungkapkan saat ini sudah ada sepuluh jenis filter yang bisa digunakan saat live streaming. Filter ini akan terus bertambah hingga tujuh belas jenis saat Prisma Live resmi diluncurkan.

Ini memang bukan kali pertama prisma masuk ke ranah video. Awal bulan ini, Prisma sudah mengumumkan bahwa aplikasi edit foto ini sudah bisa mengolah video berdurasi lima belas detik. Namun, layanan ini masih tahap beta. Filter yang digunakan pun baru Sembilan jenis saja, seperti Candy, Cold Fish, Paper Art, dan Tokyo. Rencananya, layanan ini akan ditambahi filter dan support GIF dan Time Lapse.

Prisma menyadari pemabahan filter dan efek untuk foto tampaknya sudah ketinggalam zaman. Sekarang banyak aplikasi yang berbondong-bondong menambahkan fitur ini pada layanan video. Bahkan, Line sudah mengumumkan kalau penggunanya kini bisa menambahkan filter dan stiker saat melakukan video call.

Langkah serupa juga dihadirkan oleh Facebook. Beberapa waktu lalu, Facebook juga mengumumkan penambahan filter pada video live mereka. Chris Cox selaku Chief Product Officer Facebook bahkan mengungkapkan dibutuhkan sesuatu yang lebih dari sekadar teknologi yang sudah ada saat ini. Teknologi ini harus cukup cepat untuk digunakan di smartphone dan bisa diselesaikan secepat mungkin tanpa mengorbankan frame, patah-patah atau gambar yang kabur.

Google juga tidak mau kalah dengan menghadirkan aplikasi yang dapat memberikan gaya artistik pada video dan bisa menganti-ganti filter berdasarkan permintaan. Panasnya persaingan fitur filter dan efek pada video ini membuat Prisma yakin untuk mengembangkan Prisma Live dengan filter yang lebih beragam. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel:
Update Terbaru Prisma, Edit Foto Kini Bisa Offline
Tips Edit Foto Maksimal dengan Aplikasi Prisma
Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Berbagai Perangkat Oktober 2016

Artikel Lainnya

Komentar