Tahukah Kamu, iPhone 7 32GB Performanya Lebih Lambat Dibanding Versi 256GB

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 24 Okt 2016 | 11:17

iPhone 7 menjadi salah smartphone premium yang terus diburu para pengguna setelah tumbangnya Note 7. iPhone sendiri terkenal memiliki memori internal yang cukup banyak pilihan. Tentu kapasitas memori yang paling kecil memiliki harga yang lebih murah.

Bila sebelumnya kapasitas terkecil iPhone ialah 16GB, dalam varian generasi ke tujuh ini Apple menghadirkan memori terkecil 32GB, 128GB hingga 256GB. Sayangnya, baru-baru ini dunia gadget diramaikan rumor mengenai performa dari iPhone dengan kapasitas 32GB.

Performa kecepatan baca tulis menjadi salah satu hal penting dalam performa sebuah smartphone secara keseluruhan. Sayangnya, pada iPhone 32GB ditemukan perbedaan performa dalam beberapa tes dengan iPhone 7 dengan memori internal lebih besar.

Dalam sebuah video, lama Unbox Therapy melakukan tes pembanding pada perangkat iPhone 7 32GB dan iPhone 7 dengan memori internal 256GB. Hasilnya kecepatan membaca memang tidak terlalu jauh berbeda. Namun, kala melihat kecepatan tulis baru tampak perbedaan yang cukup jauh.

Dalam pengujian, ditemukan bahwa iPhone 7 32GB memiliki kecepatan tulis 42 MB per detik, sedangkan iPhone 7 dengan memori 256GB memiliki kecepatan tulis 341 MB per detik. Hasil ini menunjukkan iPhone 7 32GB memiliki performa 8x lebih lambat dibandingkan iPhone dengan memori yang lebih besar.

Jika menurutmu tes tersebut terasa kurang adil, karena sebatas teori saja. Unbox Therapy mencoba untuk melakukan tes dalam penggunaan di dunia nyata dengan mentransfer file dari MacBook ke iPhone 7 menggunakan kabel USB. Dalam tes kali ini, ditemukan bahwa file sebesar 4,2GB dapat ditransfer dalam waktu 2 menit 34 detik untuk iPhone 7 256GB dan 3 menit 40 detik untuk iPhone 7 32GB. Tampak perbedaan satu menit penuh dalam mentransfer file yang sama.

Hal menarik yang perlu dicatat bahwa perbedaan performa ini hanya pada saat mentransfer file besar ke iPhone. Jadi bila mentransfer file kecil atau saat menjalankan file, perbedaan tidak akan terlalu besar.

Baca juga artikel:
iPhone 7 Meledak dan Membuat Sebuah Mobil Terbakar
Apple Rilis Update iOS 10.0.3 Untuk Perbaiki Masalah LTE iPhone 7
Tombol Home iPhone 7 Bermasalah, Apple Hadirkan Tombol Home Virtual

Artikel Lainnya

Komentar