Qualcomm Rilis Chipset Terbaru: Snapdragon 427,Snapdragon 626, dan Snapdragon 653

Qualcomm Rilis Chipset Terbaru: Snapdragon 427,Snapdragon 626, dan Snapdragon 653

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 20 Okt 2016 | 12:43

Performa dari sebuah smartphone ditentukan oleh bagian inti. Jika prosesor yang digunakan memiliki kualitas bagus, tentu saja performa yang dihasilkan bisa memuaskan pengguna.

Setelah MediaTek yang baru saja meluncurkan chipset Helio terbaru, kini giliran produsen chipset Qualcomm yang merilis tiga seri chipset Snapdragon sekaligus.

Snapdragon terbaru

Ketiga chipset terbaru dari Qualcomm ini diantaranya adalah seri Snapdragon 427,Snapdragon 626 dan Snapdragon 653, ditujukan untuk smartphone kelas menengah dengan performa yang lebih baik ketimbang chipset generasi lamanya.

Qualcomm Snapdragon 427  

Chipset pertama yang diperkenalkan adalah Qualcomm Snapdragon 427 yang merupakan penerus dari chipset yang biasa digunakan oleh smartphone kelas bawah yakni Snapdragon 425.

Snapdragon 427

Generasi penerus Qualcomm Snapdragon 427 memiliki sejumlah kemampuan yang tidak dimiliki pendahulunya, yakni mendukung modem X9 LTE Cat 7 sehingga bisa mendukung kecepatan internet hingga 300 Mbps.

Selain itu, Snapdragon 427 juga memiliki kemampuan agar bisa mendukung fitur dual kamera. Tentunya, dukungan kemampuan tersebut berpotensi membuat fitur dual kamera semakin banyak ditemukan pada smartphone-smartphone murah.

Qualcomm Snapdragon 626 

Chipset kedua adalah Qualcomm Snapdragon 626  yang merupakan generasi penerus dari seri Snapdragon 625, saat ini banyak digunakan oleh smartphone mid-range salah satunya adalah Asus ZenFone 3.

Snapdragon 626

Keunggulan Snapdragon 626 dibandingkan pendahulunya adalah performa yang meningkat hingga 10 persen, mendukung fitur modem X9 LTE Cat 7, dual kamera dan dilengkapi fitur Qualcomm TruSignal Antenna Boost.

Qualcomm Snapdragon 653

Chipset terakhir yang dirilis oleh Qualcomm adalah seri Snapdragon 653 yang merupakan generasi penerus dari Snapdragon 652. Mengenai tipe smartphone yang saat ini menggunakan Snapdragon 652 diantaranya adalah Samsung Galaxy A9, LG G5 SE dan Asus ZenFone 3 Ultra.

Snadpragon 653

Sama seperti dua chipset sebelumnya, Snadpragon 653 membawa sejumlah peningkatan, misalnya kemampuan untuk mendukung RAM dengan kapasitas hingga 8GB. Selain itu, ia pun memiliki kemampuan untuk mendukung fitur dual kamera, modem X9 LTE Cat 7 dan memiliki performa yang  meningkat hingga 10 persen ketimbang seri Snapdragon 652.

Ketiga chipset mid-range ini dirilis Qualcomm untuk digunakan para produsen smartphone yang ingin membuat produk mid-range. Selain memiliki peningkatan di sektor performa dan konektivitas, ketiga chipset diatas pun sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0!

Baca juga artikel
Qualcomm Snapdragon 821 Dirilis Lebih Cepat Dari Snapdragon 820
Qualcomm Umumkan Chipset Baru Untuk Smartphone dan Smartwatch
Qualcomm Klaim Snapdragon 820 Lebih Cepat Dari Exynos

Artikel Lainnya

Komentar