Mulai November, Apple iPhone 4 Akan Pensiun dan Masuk Daftar Produk Usang

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 19 Okt 2016 | 17:21

Tidak dipungkiri meski Apple telah merilis varian terbaru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, masih banyak pengguna Apple yang setia dengan iPhone varian lama, salah satunya iPhone 4. Ponsel iOS lama ini ternyata masih memiliki banyak pengguna larena memang cukup tangguh dan unggul di eranya.

Sayangnya baru-baru ini Apple baru saja mengumumkan akan mengadakan perubahan untuk memensiunkan perangkat ini. Kabar ini kian menguat setelah muncul pernyataan bahwa Apple akan memasukkan perangkat ini ke daftar produk usang pada November, sehingga tidak akan mendapat update sistem lagi.

Dalam laman dailymail, nantinya iPhone 4 akan ditempatkan ke daftar produk lawas bersama dengan produk yang lawas lainnya seperti Macbook air 13 inci produksi 2010, generasi ketiga Airport Extreme, dan Airport Time Capsule 2009.

Bila kabar ini benar adanya maka kebijakan ini akan diberlakukan secara global. Alhasil pemilik iPhone 4 tidak akan lagi bisa melakukan perbaikan di toko-toko resmi Apple. Kecuali beberapa negara dimana perusahaan dipaksa untuk menawarkan dukungan karena peraturan setiap negara yang berbeda.

Menurut data perusahaan Apple, produk yang masuk daftar produk using merupakan produk yang sudah diproduksi lebih dari 5 tahun dan kurang dari 7 tahun yang lalu. Selain itu, produk yang dianggap using ialah produk yang benar-benar sudah tidak produksi lebih dari 7 tahun yang lalu.

Dengan perubahan ini, Apple juga akan menghentikan semua layanan hardware untuk produk using tanpa pengecualian termauk iPhone 4. Tidak hanya itu, penyedia layanan atau tempat service juga tidak dapat memesan suku cadang untuk produk usang.

iPhone 4 merupakan salah satu varian iPhone yang cukup sukses dipasaran. Ponsel iOS ini hadir dengan desain yang cukup kompak berlayar 3,5 inci. Apple memasang chipset Apple A4 dan dukungan RAM 512 MB. Pada bagian kamera, Apple memasang kamera utama 5 MP dan kamera depan VGA. Untuk memori internal, iPhone generasi ke empat ini mengusung memori internal 8, 16 dan 32 GB. Ponsel ini mengusung sistem iOS 4 dan sudah mendapat update hingga sistem iOS 7.1.1.

Jadi untuk kamu pemiliki iPhone 4, apakah kamu tetap setia atau memilih ponsel baru?

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 4 16GB Rp 780,000
Apple iPhone 4 32GB Rp 1,000,000
Apple iPhone 4 8GB Rp 1,000,000

Baca juga artikel:
Apple Rilis Update iOS 10.0.3 Untuk Perbaiki Masalah LTE iPhone 7
Tombol Home iPhone 7 Bermasalah, Apple Hadirkan Tombol Home Virtual
22 Perangkat Apple Yang Dapat Dukungan iOS 10

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 20 Oktober 2016 - 11:14
Abis itu iPhone 5 -> abis itu 5s -> abis itu -> iphone 6 terus aja gitu setiap liris iphone yang baru