MediaTek Luncurkan Generasi Terbaru Chipset Helio P15

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 18 Okt 2016 | 14:45

Melalui harga murah dan performa yang tangguh, sejumlah produsen smartphone menyematkan chipset MediaTek Helio P10 pada beberapa produk kelas menengah andalannya.

Beberapa waktu lalu, produsen MediaTek meluncurkan chipset Helio generasi terbarunya dengan seri P15.

Dilansir GSM Arena, chipset MediaTek Helio P15 membawa peningkatan ketimbang generasi lamanya yang terletak pada kinerja dan optimasi baterai.

Didalam Helio P15 juga terdapat prosesor Octa Core atau delapan inti dengan arsitektur Cortex-A53 atau 64-bit dengan clock mencapai 2.2 GHz dan menggunakan GPU Dual Core dari Mali-T860 MP2 dengan kecepatan 800 MHz.

Seperti yang kita ketahui, chipset pendahulunya, P10, memiliki prosesor yang sama dan bekerja pada clock 2.0 GHz. Sementara itu, GPU yang digunakan berjalan pada clock 700 MHz.

Dengan dirilisnya chipset terbaru ini, MediaTek menjanjikan peningkatan kinerja sebanyak 10% dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, efisiensi daya pun akan menjadi lebih baik pada chipset P15.

MediaTek Helio P15 akan diproduksi pada proses 28nm TSMC sama hanya dengan P10. Sementara itu, belum dikonfirmasikan terkait dukungan RAM yang didukung, namun sejauh ini terdapat laporan yang menyebutkan bahwa ia dapat bekerja pada single-channel memory LPDDR3-933.

Tak lupa, generasi baru dari chipset MediaTek ini pun memiliki dukungan untuk LTE Cat.6. Ada kemungkinan bahwa P15 akan digunakan oleh lebih banyak pabrikan.

Sejauh ini, belum ada info lanjutan mengenai daftar perangkat yang akan menggunakan chipset MediaTek Helio P15. Sepertinya, chipset ini akan tetap digunakan oleh sejumlah smartphone mid-range.

Baca juga artikel:
MediaTek Resmi Kenalkan Prosesor Terbaru, Mediatek Helio X30
MediaTek Umumkan Chipset Helio X25 Khusus Untuk Meizu Pro 6
Apa Beda MediaTek Helio P10 Dari MediaTek P20 yang Baru Dirilis?

Artikel Lainnya

Komentar