Tombol Home iPhone 7 Bermasalah, Apple Hadirkan Tombol Home Virtual

Oleh Aris Wibowo on Senin, 17 Okt 2016 | 10:38

iPhone 7 menjadi salah satu smartphone premium terbaik saat ini. Sayangnya, ponsel iOS ini mulai mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang cukup mengganggu ialah tidak berfungsinya tombol home.

Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan tombol home tidak bisa bekerja setelah iPhone 7 di charge. Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan perangkatnya mati sendiri dan ketika dinyalakan muncul pesan yang mengatakan bahwa tombol home butuh perbaikan. Pesan tersebut juga menyarankan pengguna untuk menggunakan tombol on screen hingga tombol home diperbaiki ke Apple store.

Kabar rusaknya tombol home ini muncul pertama kali oleh seorang member forum di MacRumors. Menurut pemilik iPhone 7 tersebut, tombol home tidak bisa berfungsi normal setelah ditekan tiga hingga empat kali. Meski telah direstart sekalipun, tombol home masih saja tidak berfungsi normal. Kasus ini pun bisa terjadi pada semua iPhone 7 yang ada dipasaran. Pasalnya tidak ada teknologi yang 100% anti rusak. Contohnya saja Haptic Engine yang ada dalam tombol home iPhone terbaru. Mesin mekanik ini ternyata juga mudah rusak dan tidak menjamin tombol home akan bekerja 100% selamanya.

Untungnya, iPhone dibekali teknologi pintar yang cukup canggih. Bila ada masalah, iPhone akan memberi tahu melalui pesan tertentu. Dalam pesan tersebut, Apple juga menghadirkan saran apa yang harus dilakukan.

Untuk kasus rusaknya tombol home iPhone 7, Apple telah menyiapkan software khusus yang sementara akan menggantikan tombol home. Apple sendiri sudah mempersiapkan software tombol home virtual ini dengan cukup serius. Tombol on screen tersebut hadir dengan bentuk mirip tombol home dan fungsi yang kurang lebih sama.

Rumor yang beredar menyebutkan Apple tengah mempertimbangkan untuk menghilangkan tombol home sepenuhnya pada generasi iPhone selanjutnya. Tak heran banyak yang berspekulasi bahwa tombol home virtual ini dipersiapkan sebagai pengganti tombol home sentuh. Tombol home virtual ini sudah bisa didapatkan dalam update terbaru iOS.  

Munculnya masalah tombol home ini memang cukup merepotkan Apple. Sebelumnya, muncul kasus meledaknya iPhone 7 dibeberapa wilayah. Semoga saja masalah ini tidak membuat iPhone 7 bernasib seperti Samsung Galaxy Note 7.

Baca juga artikel:
Heboh, iPhone 7 Meledak Melukai Wajah Penggunanya
Adu Kestabilan Video 4K, Apple iPhone 7 vs Samsung Galaxy S7 Edge vs LG V20
Tes Baterai Smartphone Premium, iPhone 7 Paling Loyo

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 19 Oktober 2016 - 17:35
Lalu nanti tombol home fisiknya jadi pajangan doang? Mending rilis firmware 😂