Google Allo dan Google Duo Siap Gantikan Hangouts Desember 2016

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Okt 2016 | 13:40

Dalam ajang Google I/O tahun ini, Google mengumumkan dua aplikasi terbaru yakni Google Allo dan Google Duo. Kehadiran aplikasi ini hadir dengan sejumlah fitur yang sedikit mirip dengan aplikasi Hangouts.

Hal ini tentu membuat binggung beberapa pengguna smartphone. Alhasil banyak beredar rumor bahwa aplikasi Hangouts akan diberhentikan atau dimatikan. Namun, dalam keterangan resminya beberapa minggu lalu, aplikasi Hangouts disebut tidak akan dimatikan dan akan difokuskan untuk enterprise daripada konsumen.

Kabar ini sekaligus memastikan bahwa Hongouts tidak akan lagi menjadi salah satu aplikasi wajib Google Moblie Service (GMS) di smartphone Android mulai Desember 2016. Nantinya, Google akan memberikan aplikasi pengganti yakni Google Duo dan Google Allo.

Sebagian pihak menyebutkan bahwa keputusan Google untuk menggunakan Google Allo dan Google Duo terbilang masuk akal. Pasalnya kedua aplikasi ini memiliki layanan yang mirip dengan layanan yang ada di Hangouts. Namun, dipasangnya dua aplikasi baru Google ini secara pre install dalam smartphone baru masih menuai berbagai kritikan. Padahal kedua aplikasi ini memang didesain untuk saling melengkapi. Google Allo dibuat sebagai aplikasi khusus untuk berkirim pesan dalam bentuk teks, sedangkan Duo merupakan aplikasi video call.

Meski tidak akan lagi hadir sebagai aplikasi wajib, aplikasi Hangouts masih bisa digunakan bahkan diunduh dalam Play Store seperti aplikasi lainnya. Hangouts nantinya akan lebih ditujukan untuk kebutuhan bisnis mengintat aplikasi ini mendukung layanan Gmail dan Docs.

Selain itu, Hangouts juga sudah bisa digunakan pada perangkat desktop. Google juga akan menghadirkan beberapa fitur baru agar aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi lainnya.

Google Allo merupakan aplikasi perpesanan dengan fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini menghadirkan fitur stiker, doodle dan emoji yang lebih beragam. Aplikasi ini juga sudah Support Google Assistant. Aplikasi ini juga memiliki fitur smart reply. Sedangkan Google Duo merupakan aplikasi video call yang memiliki simple interface. Aplikasi ini juga hadir dengan fitur high quality video sehingga video call kian nyaman dan mengasyikkan.

Baca juga artikel:
Google Pixel dan Pixel XL Dirilis, Punya Google Assistant dan Kamera Premium
Google Allo Aplikasi Chatting Berbasis Nomor Telepon Seperti Whatsapp
Google Trips, Aplikasi Pemandu Wisata dari Google dengan Fitur Lengkap

 

Artikel Lainnya

Komentar