Facebook Messenger Kini Dilengkapi Fitur Percakapan Rahasia

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Okt 2016 | 12:07

Privasi masih menjadi hal penting dalam era digital saat ini. Tidak heran, beberapa aplikasi mulai menghadirkan sistem keamanan baru agar data-data pribadinya tidak mudah dicuri. Tidak hanya data pribadi, percakapan di media sosial pun sudah banyak yang diretas.

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp, BBM, Line hingga Facebook Messenger pun mulai memutar otak agar penggunanya merasa aman dalam berkirim pesan. Seperti yang coba dihadirkan aplikasi perpesanan Facebook Messenger. Aplikasi ini menghadirkan sebuah fitur baru bernama Secret Conversations atau fitur percakapan rahasia. Dengan fitur ini percakapan akan lebih terjaga privasinya.

Fitur terbaru Messenger ini sudah bisa digunakan pengguna Facebook Messenger pada perangkat iOS maupun Android. Hampir mirip dengan fitur yang dihadirkan WhatsApp, fitur percakapan rahasia ini baru bisa digunakan setelah diaktifkan secara manual.

Kamu cukup masuk ke Facebook Messenger kemudian tap bagian ikon compose message di bagian pojok kanan. Setelah itu kamu bisa melihat layar kontak dengan bagian kata secret dibagian kanan atas. Kamu cukup masuk ke menu tersebut dan pilih teman yang ingin diajak ngobrol. Setelah tab obrol terbuka, kamu akan mendapat pilihan untuk menjadikan smartphone yang digunakan sebagai perangkat utama sehingga perangkat lain tidak bisa terhubung ke akun facebook milikmu. Alhasil, facebook sendiri tidak akan bisa mengetahui isi percakapan yang kamu lakukan.

Fitur percakapan rahasia ini tentu sangat berguna bagi pengguna kantoran yang ingin melaporkan data penting, misal kondisi keuangan perusahaan atau mungkin informasi penting seputar pekerjaan atau informasi yang bersifat sangat rahasia.

Dengan fitur ini, pengguna juga bisa menentukan berapa lama pesan tersebut dapat dibaca. Jadi pesan yang dikirim bisa memiliki durasi tertentu, misal 10 detik pesan tersebut bakal dihapus sehingga tidak dapat dibaca kembali. Sayangnya, belum ada keterangan resmi apakah fitur baru messenger ini bisa digunakan dalam percakapan grup.

Dalam update terbaru ini, Facebook juga sudah menghadirkan fitur history yang lebih lengkap dan mudah dipahami.

Untuk bisa menggunakan fitur percakapan rahasia ini, kamu cukup melakukan update pada aplikasi Facebook Messenger ini.

Baca juga artikel:
Facebook Rilis Aplikasi Perpesanan Baru, Messenger Lite for Android
Update Facebook Messenger Hadirkan Fitur Instant Articles
Facebook Messenger Kembalikan Fitur Mengirim dan Menerima SMS

Artikel Lainnya

Komentar