Apple Spoken Editions, Asisten Pribadi untuk Bacakan Konten Web

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 05 Okt 2016 | 11:37

Menyadari kebutuhan pengguna gadget saat ini yang kian haus informasi, Apple memperkenalkan fitur baru bernama Spoken Editions. Fitur ini sebelumnya telah bocor beberapa hari yang lalu namun kurang jelas informasinya.

Namun, kini Apple telah resmi memperkenalkan layanan terbaru ini yang ternyata sudah bisa dinikmati dan digunakan di iTunes baik untuk smartphone maupun Mac. Dengan layanan ini, kamu akan dimudahkan untuk menikmati beragam berita dari website pilihan dalam bentuk suara atau audio.

Dalam keterangan resminya, Apple menghadirkan layanan ini untuk pengguna yang sibuk beraktifitas namun tidak ingin tertinggal informasi dari website favorit. Kamu cukup mendengarkan menggunakan layanan terbaru Apple. Nantinya akan ada banyak narasi audio yang bisa kamu dengarkan saat beraktifitas seperti berkendara, berolahraga atau memang sedang ingin bersantai.

Dalam daftar yang disusun oleh Apple, ada banyak sekali website yang bisa ditemukan dalam kategori Spoken Editions. Untuk saat ini kamu bisa menikmati berbagai web dari luar negeri seperti Reuters, Huffington post, Mic, Wired, IGN, Fusion, Gizmodo, Lifehacker, TIME, TechCrunch hingga PlayBoy.

Untuk saat ini kamu sudah bisa menemukan setidaknya 40 website dengan berbagai jenis konten. Bila kamu merasa kurang, kamu bisa melihat daftar web lebih jelas di kategori Spoken Editions dalam iTunes.

Hadirnya fitur baru Spoken Editions ini merupakan hasil kerjama dari Apple dengan perusahaan SpokenLayer. Kerjasama ini diharapkan menghadirkan kategori dengan audio yang mudah dipahami.

Langkah kerjasama ini juga dihadirkan Apple agar bisa menghadirkan suara narasi yang sesuai dengan setiap karakter website yang kemudian diubah menjadi konten audio. Maka tak heran, SpokenLayer dan Apple memilih pengisi suara yang tepat.

Misal, saat pengguna Apple ingin mendengarkan website berita khusus anak muda, maka pengisi suara harus seorang yang energik dan berjiwa muda agar berita bisa tersampaikan dengan tepat.

Kamu sudah bisa mencoba fitur baru Spoken Editions secara gratis. Caranya, kamu bisa masuk ke kategori Spoken Editions di Podcast dan memilih web yang ingin didengarkan. Kamu bisa mencoba mengunduh per episode untuk mendengarkan berita di hari tersebut.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel:
Mengulas AirPods, Earphone Wireless Pertama dari Apple
Ini Dia Harga dan Spesifikasi Apple Watch Series 2
Apple Gantikan OS X dengan MacOS Sierra

Artikel Lainnya

Komentar