Raih Pendanaan Ketiga, Pricebook Siap Kuasai Pasar Asia Tenggara

Oleh Evan Yazid Praditya on Kamis, 29 Sep 2016 | 15:55

Pricebook Co., Ltd (http://www.pricebook.co.id), startup asal Jepang, berhasil mendapatkan pembiayaan ketiganya. Investasi ini dipimpin oleh KLab Venture Partners Co., Ltd, diikuti Aucfan Co., Ltd di mana keduanya juga merupakan perusahaan Jepang. Di Indonesia, Pricebook Co. Ltd mendirikan PT. Pricebook Digital Indonesia.

Berbekal pembiayaan dengan jumlah yang tidak disebutkan serta pengetahuan teknis bisnisnya, Pricebook, mesin pencari belanja online to offline (O2O) terdepan di Indonesia yang dikelola Pricebook Co., Ltd akan memperbesar ekspansinya ke dalam berbagai kategori produk dan di kota-kota besar di luar Jakarta, sebagai langkah kuat untuk menjadi mesin pencari belanja nomor satu di seluruh Asia Tenggara.

Pricebook, yang didirikan pada 2013, berupaya menyelesaikan persoalan informasi asimetris antara konsumen dan pelaku bisnis di Asia Tenggara. Untuk memulainya, mesin pencarian belanja tersebut diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Desember 2013.

Sebagai mesin pencari belanja O2O satu-satunya di Indonesia, perusahaan dengan kantor yang berbasis di Jakarta ini mengumpulkan dan menyediakan informasi mengenai harga penjualan baik toko online dan fisiknya di situsnya. Saat ini, Pricebook diakui sebagai brand nomor satu di antara mesin pencari belanja lainnya.

Dengan tim yang saat ini beranggotakan 20 orang, Pricebook fokus terhadap perangkat-perangkat seperti handphone, komputer dan produk elektronik lainnya untuk dikumpulkan berdasarkan spesifikasi, ulasan dan harga dari berbagai toko online maupun offline demi pengalaman belanja cerdas bagi para konsumen serta sebagai pengembangan bisnis bagi para penjual dan merek.

Meskipun pasar e-commerce Indonesia sangat besar, kenyataannya berbeda dari sebagian besar pasar saat ini. Melihat perkembangan bisnis yang berubah-ubah, hal ini memperlihatkan belum ada pemain yang benar-benar bisa memenuhi keinginan pengguna. Sementara itu, sejak diluncurkannya Pricebook, kami selalu memberikan data yang mendalam. Tim kami yang terdiri dari orang-orang Indonesia kecuali saya, terus berkomunikasi dengan pasar - baik pembeli dan penjual - untuk memecahkan permasalahan tersebut. Karena itu, Pricebook sekarang telah menerima sejumlah visitor dan segala macam permintaan kemitraan bisnis yang tertarik dengan jangkauan O2O dan pelanggan yang berkualitas. Kami juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi yang lebih baik dan efesien guna menciptakan ekosistem belanja dan menjual yang lebih cerdas yang hanya bisa dicapai melalui Pricebook . Kami berkomitmen untuk menjadi portal belanja / bisnis No 1 di Asia Tenggara.

Tomonori Tsuji - CEO Pricebook


Dalam pengembangan pasar Indonesia dengan peningkatan pendapatan serta maraknya smartphone yang memiliki harga terjangkau, populasi internet telah mencapai 100juta pada tahun 2016. Meningkatnya permintaan belanja telah berkontribusi besar terhadap pasar online untuk memasuki pertumbuhan bisnis e-commerce dan lainnya dengan cepat. 

Sejak kami bermitra dengan Pricebook, kini kami lebih dikenal masyarakat luar secara online. Begitu menyenangkan melihat pengunjung datang langsung ke toko untuk melakukan transaksi yang lebih aman dan terjamin

Akbar Cellular, Offline shop


Sayangnya, kanal belanja utama Indonesia cenderung offline yang disebabkan oleh faktor harga, kepercayaan, kecepatan serta masalah sensitif lainnya. Permasalahan dengan transaksi offline adalah sifatnya yang asimetris secara informasi dan tak terhubung di mana tak ada pemangku kepentingan, yakni pembeli, penjual dan produsen, yang memiliki akses lengkap terhadap informasi akurat dan real-time. Faktor-faktor tersebut yang menyebabkan kesempatan menghilang di mana-mana.

Berangkat dari situasi tersebut, Pricebook bertujuan untuk memulai dalam pembukaan stok dan aliran produk guna memungkinkan pembelian dan penjualan secara efisien di Indonesia. Bekerjasama dengan lebih dari seribu toko offline di Jakarta, Surabaya dan Bandung serta secara eksklusif dengan mall-mall ITC sebagai penyedia produk elektronik terbesar, Pricebook menjadi penyedia layanan yang menawarkan informasi terkait toko online yang terdaftar di dasbor untuk pembeli dan bisnis.

Dalam belanja online, khususnya gadget dan electronic product, penting bagi calon pembeli untuk dapat membandingkan banyak pilihan dan referensi akan product yang akan mereka pilih. Menjadi bagian dari Pricebook, akan memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk-produk yang dijual di Tokopedia. Pricebook mampu mendatangakan, tidak hanya transaksi, namun juga pembeli-pembeli baru setiap harinya.

Andika Seto Wicaksono - Digital Marketing Specialist Tokopedia


Perbandingan lintas kanal, dengan informasi produk kualitas tinggi serta ulasan pengguna, telah menghasilkan tingginya aktivitas pembelian. Hal itu yang membuat Pricebook sebagai afiliasi terpenting bagi pasar-pasar online besar. Selain itu, jaringan offline penjual eceran Pricebook amat berguna bagi para produsen dan penyedia layanan sebagai cara untuk menggapai pasar yang tak tersentuh. Kolaborasi perdananya akan diumumkan pada bulan Oktober mendatang. Kini Pricebook terbuka untuk segala kemungkinan kolaborasi untuk menghubungkan pembeli, penjual dan bisnis lainnya. 

Kami tidak sabar menunggu event selanjutnya dari Pricebook di mall tempat kami berada karena melalui event tersebut banyak pelanggan datang ke toko kami.

Use Office, Offline shop

Baca juga artikel:
Raih Pendanaan dari Tiga Investor, Percepat Posisi Pricebook Menjadi Situs Pembanding Harga Nomor 1 di Indonesia
Deretan Ponsel Layar Kecil Terbaik Harga Terjangkau di Pricebook
MediaTek Resmi Kenalkan Prosesor Terbaru, Mediatek Helio X30

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 29 September 2016 - 18:09
Selamat buat Pricebook!