Windows 10 Salip Windows 7 dengan Terinstal di 400 Juta Perangkat

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 28 Sep 2016 | 11:16

Seperti yang diketahui, pada bulan mei lalu Microsoft telah mengumumkan bahwa sistem operasi terbarunya, Windows 10 telah berhasil digunakan lebih dari 300 juta perangkat aktif. Hal ini menarik, karena jumlah ini dicapai dalam waktu Sembilan bulan setelah sistem operasi diluncurkan. Kini menjelang akhir September, angka tersebut kembali bertambah dan berhasil mencapai jumlah 400 juta perangkat aktif.

Kabar ini disampaikan Microsoft dalam pembukaan acara Microsoft Ignite yang dihelat di Atlanta 26 September kemarin. Angka 400 juta perangkat yang menggunakan sistem Windows 10 memang tidak semuanya berasal dari PC maupun laptop. Microsoft juga menghitung perangkat lain seperti smartphone, tablet, Xbox One, Microsoft Surface hingga Hololens.

Microsoft mengklaim bahwa tingkat adopsi Windows 10 ke berbagai perangkat mencapai 115 persen lebih cepat dibanding saat Windows 7. Kecepatan pertumbuhan sistem operasi terbaru ini jauh melampaui Windows 7 dan Windows 8. Windows 7 bahkan baru berhasil meraih 400 juta pengguna dalam waktu tujuh bulan lebih lamanya. Sedangkan, Windows 8 justru tidak berkembang setelah mencapai 200 juta pengguna dalam waktu 15 bulan setelah diluncurkan.

Tak heran, Microsoft masih menargetkan di tahun 2018 nanti akan ada 1 miliar perangkat yang menggunakan Windows 10. Padahal, bulan juli lalu, Microsoft sempat ragu bahwa sistem operasi terbarunya akan sukses dalam waktu cepat dan akan cukup lama memenuhi target 1 miliar perangkat aktif. Pasalnya, pertumbuhan pengguna Windows 10 sempat melambat dikarenakan penjualan PC yang menurun hingga upgrade yang tidak lagi gratis.

Pada masa awal upgrade Windows 10 gratis, terdapat hampir 30 juta perangkat yang melakukan upgrade ke Windows 10. Namun, kini setiap bulannya hanya ada 16,6 juta perangkat yang melakukan upgrade ke sistem operasi baru.

Dengan data ini memang akan sulit Microsoft mencapai target 1 miliar perangkat di tahun 2018. Microsoft harus melakukan perubahan strategi agar sistem operasi ini kembali menarik pengguna sistem Windows lama dan segera melakukan update sistem.

Kita nantikan saja langkah selanjutnya dari Microsoft dalam mengembangkan sistem Windows 10.

Baca juga artikel:
Tips Mengetahui Windows Asli Atau Bajakan
7 Fitur Baru Dalam Update Windows 10 yang Perlu Diketahui
Microsoft Hadirkan Update Windows 10 Versi Ulang Tahun

Artikel Lainnya

Komentar