Xiaomi M1, Kamera Mirrorless 20MP dengan Harga Rp 4 Jutaan

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 20 Okt 2016 | 16:49

Xiaomi kembali melebarkan sayapnya dalam persaingan pasar kamera. Bila sebelumnya Xiaomi cukup sukses menghadirkan action cam, kini produsen Tiongkok ini memperkenalkan sebuah kamera Mirrorless terbaru bernama Xiaomi M1.

Xiaomi menghadirkan sejumlah fitur dan teknologi yang mumpuni untuk bersaing. Kamera Xiaomi terbaru ini bahkan sudah dibekali sensor Micro Four Thirds yang membuat kamera bisa dilepas dengan harga terjangkau.

Dari sisi desain, Xiaomi M1 sekilas mengusung desain yang mirip kamera Leica. Kamera ini hadir dengan desain yang cukup kokoh dan kompak tanpa view finder dan flash dibagian bodinya.

Xiaomi bahkan menghadirkan bagian genggaman tangan yang nyaman. Walaupun tanpa viewfinder, produsen memasang layar sentuh LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 720 x 480 pixel yang membuat pengguna bisa melihat hasil gambar dengan lebih jelas dan detail. Xiaomi juga menghadirkan desain yang minimali dengan dua tombol fisik saja. Semua pengoperasian dan pengaturan bisa dilakukan melalui layar sentuh.

Pada bagian dapur pacu, kamera digital Xiaomi ini menggunakan sensor 20 MP. Sensor ini akan disokong ISO hingga 25.600. Spesifikasi  ini membuat kamera Mirrorless terbaru ini bisa memotret dalam kondisi gelap minim cahaya.

Xiaomi Xiaoyi M1 Kit 12-40mm
Harga termurah

Rp 4,469,900

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 60, 24, 240 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

Dengan teknologi sensor Micro Four Thirds terbaru, diklaim dapat mengambil gambar dengan kualitas setara foto beresolusi 50 MP. Tidak hanya itu, Xiaomi M1 juga diklaim bisa merekam video beresolusi 4K pada 30fps.  

Xiaomi juga menjanjikan kontrol simpel layaknya ponsel pada kamera Mirrorless terbarunya. Sebagai tambahan, Xiaomi juga menghadirkan Bluetooth hingga WiFi untuk memudahkan pengguna memindahkan data kamera ke smartphone.

Xiaomi M1 akan dipasarkan dengan harga 4,3 juta rupiah. Harga paket ini juga sudah termasuk lensa zoom 12 – 40 mm dengan aperture f/3.5 – 5.6. Xiaomi M1 tersedia dalam versi premium dengan harga Rp 6 jutaan.

Harga ini termasuk lensa prime 42.5 mm dengan aperture f/1.8. Sayangnya, hingga saat ini kamera Mirrorless tersebut baru akan dipasarkan di Tiongkok saja mulai 23 September mendatang.

Baca juga artikel:
Leica Sofort, Kamera Instan Bisa Langsung Cetak Foto
Canon EOS M5 Dirilis, Kamera Mirrorless Terbaru Rasa DSLR
Kumpulan Aplikasi Kamera Android dengan Fitur ala DSLR

Artikel Lainnya

Komentar