Fitur Baru Youtube Semakin Pererat Para Vlogger dan Para Fans

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Sep 2016 | 12:18

YouTube beberapa tahun ini terus berkembang seiring bermunculannya pada video blogger atau Vlogger. Pasalnya beberapa Vlogger membangun komunitas-komunitas tersendiri sehingga postingan dalam YouTube kian beragam. Menyadari hal tersebut, YouTube menghadirkan sebuah fitur baru untuk semakin menjembatani para Vlogger ataupun para creator video dengan para fans atau penonton.

Fitur baru YouTube tersebut diberi nama YouTube Community. Fitur ini akan berfungsi sebagai cara baru bagi pada vlogger untuk mengekspresikan diri di halaman channel milik mereka.

Fitur baru YouTube Community ini bekerja layaknya halaman timeline dalam media sosial. Lewat halaman ini pada Vlogger bisa mengekspresikan diri melalui teks, video live streaming, foto animasi GIF dan lainnya.

Postingan video yang diunggah oleh seorang Vlogger akan muncul pada bagian subscription milik para fans yang mengikuti channel. Para fans juga bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi untuk postingan video baru.

Fitur ini berbeda dengan tab channer discussion yang berfungsi sebagai kolom komentar penonton untuk menanggapi konten buatan para Vlogger. Mirip dengan Twitter, dalam fitur YouTube Community ini penonton hanya bisa mengomentari post buatan Vlogger hingga memberikan like atau dislike.

Kiley McEvoy selaku manager senior divisi pengembangan produk YouTube mengungkapkan bahwa fitur baru YouTube ini masih berada dalam fase beta dan baru digulirkan ke sejumlah channel YouTube saja.

Fitur yang dihadirkan YouTube ini memang bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kamu bisa menemukannya pada media sosial lainnya. Namun fitur ini dapat membantu YouTube untuk bersaing dengan platform pesaing yang telah memiliki fitur timeline mirip fitur YouTube Community. Penambahan fitur ini diharapkan bisa menjadi inovasi yang cukup positif sehingga bisa mempererat ekosistem penguna yang selama ini menjadi roda penggerak dan tentunya membesarkan YouTube.

Selain hadirnya fitur baru YouTube, YouTube juga menghadirkan update untuk versi Android. Dalam update ini YouTube menghadirkan pembaharuan user interface. Tampilan navigation bar tampil lebih segar dan lebih mudah digunakan.

Baca juga artikel:
Google Hadirkan Fitur Anti Buffering Youtube untuk Pengguna Indonesia
Fitur Live Streaming Youtube Hadir Di Smartphone
Game Youtubers Life, Ajarkan Cara Belajar Jadi YouTuber Sukses

Artikel Lainnya

Komentar

Jonathan Gunawan 19 September 2016 - 12:55
mantap,semoga cepat diluncurkan fitur YouTube Community nya :D