Update iOS 10 Bermasalah, Berikut Solusinya

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 15 Sep 2016 | 10:35

Beberapa hari ini Apple tengah berusaha menggulirkan update sistem operasi iOS 10 secara global. Sistem terbaru ini hadir dengan sejumlah fitur baru yang kembali menarik pengguna iPhone dan iPad. Sayangnya, update ini dikabarkan tidak berjalan lancar.

Beberapa pengguna perangkat Apple melaporkan bahwa update tidak berjalan mulus. Banyak pengguna yang protes di Twitter yang mengatakan bahwa perangkat mereka crash atau tidak bisa digunakan setelah melakukan update iOS 10. Perangkat pun langsung hang dan tidak bisa digunakan. Ada juga laporan lain yang menyebutkan bahwa update yang dilakukan tidak pernah selesai.

Kasus gagalnya update iOS 10 ini tidak hanya menimpa perangkat iPhone saja. Beberapa pengguna iPad juga mengungkapkan hal yang serupa bahwa perangkat tablet Apple ini mengalami masalah setelah menggunakan sistem baru. Bahkan seorang pengembang game asal Amerika, Brianna Wu mengatakan bahwa update yang dilakukan membuat iPad Pro miliknya tidak bisa digunakan sama sekali atau dalam kondisi bootlop dan brick.

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa perangkat iPhon dan iPad mereka menampilkan pemberitahuan meminta pengguna untuk menghubungkan perangkat ke PC atau Mac agar bisa merampungkan proses update iOS.

Apple pun segera merespon masalah update ini dengan menghadirkan pernyataan bahwa masalah ini telah diatasi dan Apple meminta maaf kepada para pengguna karena hal ini telah terjadi dan menggangu pengguna Apple. Apple pun menjamin proses update iOS 10 akan berlansung tanpa adanya gangguan. Untuk ke depannya, Apple juga berjanji akan segera menghadirkan pembaharuan agar iOS terbaru semakin nyaman digunakan.

Gangguan update ini memang bukan yang pertama menimpa Apple. Sebelumnya dalam update iOS 9.3 juga terjadi hal serupa. Sejumlah apliksai dalam iOS 9.3 juga tidak bisa berfungsi secara normal.

Bila kamu mengalami gangguan seperti hal diatas, jangan panik. Kamu bisa menyelesaikan update iOS 10 dengan cara menghubungkan perangkat ke iTunes dan melakukan download ulang, atau menghubungi Applecare untuk bantuan update yang lebih lengkap. Yang terpenting, diharapkan kamu selalu melakukan backup perangkat iOS terlebih dahulu sebelum melakukan update.

Baca juga artikel:'
5 Tips Mempersiapkan iPhone dan iPad Untuk Update iOS 10
iOS 10 Dirilis 13 September dan MacOS Sierra 20 September
Apple Rilis iOS 10 versi Beta terbaru dan Update iOS 9

Artikel Lainnya

Komentar