Google Umumkan Android Lollipop Sebagai Sistem Android Populer, Nougat Masih 0,1%

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 15 Sep 2016 | 11:03

Setiap bulannya Google merilis informasi tentang versi Android apa saja yang paling banyak digunakan pada konsumen. Mesin pencarian terbesar ini menggunakan metode yang simple untuk bisa mengumpulkan data sistem Android yang beredar saat ini.

Secara lebih jelas, Google akan mendata perangkat dan sistem yang digunakan, yang telah mengunjungi Google Play Store dalam waktu 7 hari yang berakhir pada 5 September kemarin. Dalam data ini akan tampak sistem yang digunakan pada pengguna smartphone. Seperti yang diketahui, Google play Store masih bisa digunakan oleh sistem Android 2.2 hingga yang terbaru sehingga data ini diklaim cukup akurat.

Dan hasil dari survey Google ini, menempatkan sistem Android lollipop telah terinstal lebih dari 45% perangkat Android di dunia. Selaian itu, sistem Android KitKat berada di posisi kedua 27,7% perangkat Android. Hal ini memang tidak terlalu mengejutkan mengingat dua sistem Android ini sudah digunakan oleh berbagai produsen untuk smartphone kelas entry-level hingga kelas menengah.

Untuk ponsel Android premium sudah menggunakan sistem Android paling baru. Namun, sayangnya untuk smartphone entry level dan tablet kelas menengah ke bawah masih terjebak dalam sistem Android lama. Android Marshmallow hanya berada di posisi ketiga dengan 18,7 % pengguna di seluruh dunia. Disusul oleh Android Lollipop yang memiliki 15,6% pengguna. Beberapa sistem Android lama memang masih bertahan. Sebut saja Android Ice Cream Sandwich dengan 1,4%, Ginggerbread 1,5% dan Froyo 0,1%. Sayangnya, sistem yang lebih lama tidak dicantumkan lagi oleh Google.

Memang Google sudah merilis sistem Android terbaru, Android Nougat. Namun, sistem ini masih belum didistribusikan dengan baik. Update pun masih berlangsung secara bertahap. Hadirnya sistem Android 7.0 ini diharapkan bisa menjadi sistem yang diunggulkan dan segera mengantikan sistem Android lama. Dengan banyaknya produsen kelas atas seperti HTC, Samsung, LG hingga Xiaomi yang mulai melakukan update sistem, diharapkan sistem ini segera masuk daftar sistem Android yang digunakan secara global. Kita nantikan saja beberapa bulan kedepan.

Baca juga artikel:
Android One Segera Cicipi Sistem Android Nougat
Update Android 7.0 Nougat untuk Nexus 6P Sebabkan Boros Baterai
Daftar Smartphone Siap Rasakan Android 7.0 Nougat

Artikel Lainnya

Komentar