Lagi, Ponsel Samsung Meledak, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 14 Sep 2016 | 11:50

Samsung memang tengah disibukkan dengan kasus meledak dan terbakarnya Samsung Galaxy Note 7. Namun, ternyata bukan ponsel itu saja yang mengalami masalah. Baru-baru ini publik juga dihebohkan dengan kasus meledaknya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

Memang kasus meledaknya dua ponsel premium Seri S ini tidak sebanyak dan seheboh varian Note. Walaupun demikian kabar ini semakin menyudutkan Samsung dalam pasar gadget dunia.

Di Inggris, seorang wanita pengguna Samsung Galaxy S7 bernama Sarah Crocket mengaku ponsel miliknya tiba-tiba terbakar saat tengah bersantai bersama suaimi di sebuah kafe. Yang manarik dalam kasus terbakarnya Samsung Galaxy S7 ini ialah ponsel ini terbakar saat sedang dicharge. Padahal ponsel ini sudah digunakan selama 3 bulan dan selama itulah ponsel tidak mengalami gangguan. Untungnya, dalam kejadian ini tidak ada korban luka-luka.

Sarah pun segera menghubungi pihak customer care Samsung. Pihak Samsung pun tengah berusaha untuk menyelidiki kasus ini dengan serius. Terlebih hingga saat ini, tidak ada permasalahan yang dilaporkan oleh pengguna Galaxy S7 lainnya.

Kasus yang serupa juga menimpa perangkat Samsung Galaxy S7 edge. Ponsel premium milik seorang pria bernama Daniel Ramirez meledak. Ledakan ponsel ini bahkan mengenai Ramirez sehingga ia harus menjalani operasi dan perawatan serta terapi untuk bisa pulih. Samsung pun segera melakukan investigasi untuk menyelesaikan kasus ini.

Namun, diperkirakan meledaknya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge disebabkan dengan masalah baterai mirip pada varian Note 7. Walaupun demikian, Samsung tidak mau gegabah dan terus melakukan penyelidikan mendalam.

Selain kasus diatas, Samsung juga dihebohkan dengan meledaknya sebuah ponsel Samsung varian lama. Seorang anak berusia 6 tahun dikabarkan terluka akibat meledaknya ponsel yang diduga sebagai Galaxy Core. Seperti yang diketahui, ponsel Galaxy Core sendiri produk lama buatan tahun 2014. Namun, diduga ponsel Android lama ini meledak karena penggunaan baterai yang tidak original.

Kita nantikan saja langkah dari Samsung mengatasi hal-hal tersebut.

 

Baca juga artikel:
Setelah Kasus Samsung Galaxy Note 7, Kini Muncul Xiaomi Mi 4c Meledak
Baterai Samsung Galaxy Note 7 Meledak, Samsung Tunda Pemasaran di Indonesia
Tips Mengecek Smartphone yang Tidak Mau Menyala

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 14 September 2016 - 18:29
Menurut gw salah satu alasan paling umum baterai dapat meledak adalah karena kesalahan dalam proses pengisian. Di smartphone, baterai biasanya menggunakan software yang memberitahu seberapa cepat dan berapa banyak baterai yang harus diisi. Jika protokol yang mengatur salah, itu dapat mengacaukan beberapa bahan kimia di dlm baterai dan menyebabkan reaksi berantai yang biasa disebut "runaway termal" yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. #CMIIW