Update Instagram Hadirkan Fitur Baru Filter Komentar Kasar

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 14 Sep 2016 | 11:31

Instagram menjadi salah satu media sosial yang cukup populer di dunia ini. Aplikasi ini hadir dengan postingan foto yang bisa dikomen. Sayangnya, semakin banyaknya pengguna, semakin banyak pula kontroversi dalam aplikasi ini.

Beberapa tahun ini Instagram bahkan menjadi ajang perdebatan dan perang komentar yang terkadang mengandung kata-kata kasar. Hal ini tentu mengganggu bagi pengguna lainnya. Pengembang pun menghadirkan update Instagram dengan beberapa fitur baru. Salah satunya filter komentar kasar.

Menurut Kevin Systrom, Co-Founder dan CEO Instagram mengungkapkan media sosial ini akan membuat sebuah budaya bagi pengguna media sosial untuk merasa aman tanpa adanya gangguan. Filter komentar kasar pada Instagram ini sudah bisa ditemukan dalam update terakhir Instagram baik versi iOS dan Android. Dengan fitur ini pengguna bisa menyaring komentar pengguna lain yang dianggap kasar, kotor atau menghina hal tertentu.

Untuk mengaktifkan fitur baru Instagram ini caranya cukup mudah. Kamu dapat menemukan fitur ini pada laman options di pojok kanan atas pada profil pengguna Instagram. Pilih bagian comments dan aktifkan opsi hide inappropriate Comments dengan sekali tap. Kemudian masukkan kata atau keyword yang dianggap menyinggung atau melecehkan agar tidak muncul di kolom komentar pada akun milikmu.

CEO Instagram menambahkan bahwa Instagram masih bekerja keras menyempurnakan fitur ini, karena terkadang komentar fanatik dapat menyinggung tanpa menggunakan kata-kata ofensif tertentu.  Fitur ini diharapkan untuk menjadi awal yang baik untuk membuat pengguna Instagram yang berasal dari aneka layar belakang ini nyaman saat memposting dan komentar.

Fitur Filter Komentar kasar ini bukanlah satu-satunya salusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi pelanggaran pelanggaran di dunia maya. Namun, langkah ini bisa menjadikan Instagram sebagai tempat untuk orang-orang yang berpikir positif.  

Sepanjang 2016 sendiri, Instagram tampak berpacu untuk menghadirkan berbagai fitur baru seperti Stories, Channel Event dan mengubah tampilan timeline berdasarkan kebiasaan pengguna. Langkah ini dilakukan agar pengguna setian Instagram tidak berpindah ke media sosial lainnya.

Baca juga artikel:
Update Instagram Terbaru Hadirkan Fitur Pinch to Zoom
Update Instagram Hadirkan Dua Fitur Video Baru
Ini Perbedaan Fitur Stories Instagram dan Stories Snapchat

Artikel Lainnya

Komentar

Jonathan Gunawan 14 September 2016 - 17:25
setidaknya pihak IG sudah berusaha membuat fitur ini aja udah bagus dan menjadi awal yang baik :)