iOS 10 Dirilis 13 September dan MacOS Sierra 20 September

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 09 Sep 2016 | 14:17

Setelah merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple juga mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, iOS 10. Sistem terbaru Apple ini kabarnya akan meluncur pada 13 september mendatang. Sistem ini merupakan generasi  kesepuluh yang digadang-gadang menjadi sistem iOS dengan peningkatan yang drastis. Apple bahka menghadirkan ubahan besar pada asisten digital Siri hingga keyboard yang lebih interaktif.

CEO Apple Tim Cook mengungkapkan bahwa sistem iOS 10 ini hadir dengan aplikasi Siri yang lebih proaktif dan cerdas dalam merespon perintah pengguna iPhone. Siri kini bisa melakukan pencarian gambar, menyalin pesan voicemail dan menulis pesan SMS. Apple juga mengembangkan aplikasi ini agar bisa mengirim pesan via Whatsapp atau memesan kendaraan via Uber.

Dalam iOS 10 hadir pula fitur Raise to wake yang membuat pengguna iPhone bisa menyalakan perangkatnya dengan mudah dan praktis tanpa harus menekan tombol apapun. Pengguna kini cukup mengangkat iPhone, maka layar akan menyala secara otomatis. Menariknya, Apple kini mengijinkan penggunanya untuk menghilangkan aplikasi bawaan seperti photos, Maps dan lain-lain.

iOS 10 akan hadiri dalam update berikutnya dan bisa digunakan pada perangkat iPhone 5, 5s, SE, 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus hingga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sistem ini juga akan hadir untuk iPod touch gen 6, iPad mini 2 dan versi terbaru hingga iPad 4, termasuk iPad Air dan iPad Pro.

Selain iOS 10, Apple juga mengumumkan macOS Sierra yang akan digulirkan pada 20 September mendatang. Sistem desktop ini akan hadir dengan sejumlah peningkatan seperti sinkronisasi perangkat Mac dengan perangkat lainnya seperti iPhone, iPad dan Apple Watch. Apple juga menghadirkan Siri ke perangkat Mac. Siri akan hadir seperti Cortana pada Windows 10. Siri bisa digunakan sebagai asisten digital pribadi. Pengguna bisa menanyakan berbagai hal termasuk cuaca hingga berita.

Dengan hadirnya iOS 10 dan MacOS Sierra ini, Apple berharap kembali menjadi yang terbaik dikelasnya.

Baca juga artikel:
Apple Rilis iOS 10 versi Beta terbaru dan Update iOS 9
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dirilis dengan Desain dan Kamera Baru Hingga Fitur Anti Air
Inilah Kelebihan iPhone 7 Dibandingkan iPhone Lama

Artikel Lainnya

Komentar