AMD APU Bristol Ridge AM4 Dirilis, Lebih Cepat dan Lebih Hemat Daya

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 07 Sep 2016 | 10:54

Produsen Advanced Micro Devices atau AMD, baru-baru ini resmi meluncurkan prosesor baru generasi ketujuh yakni AMD APU Bristol Ridge. Prosesor ini akan bekerja pada platform AM4 terbaru dan desktop gaming yang menggunakan APU Baru.

Kabarnya produk prosesor ini akan pertama kali digunakan oleh desktop buatan HP dan Lenovo. Dengan prosesor baru ini, performa desktop akan meningkat baik sisi multitasking hingga grafis. Bahkan saat dibandingkan dengan generasi lama Camzo APU, performa prosesor ini meningkat 17 persen dan grafis 27%.

AMD sendiri mengungkapkan bahwa prosesor baru AMD Bristol Ridge ini didesain berdasarkan pada Excavator quad-core CPU dan dirilis dengan varian kapasitas 65 watt dan 35 watt. Selain itu, jika Intel Kaby Lake hadir dengan fitur advanced CODEC video support, prosesor AMD terbaru ini juga sudah support VP9 dan H.265/HEVC. Dengan terpasangnya socket AM4, prosesor ini bisa mendukung produk CPU dan APU milik AMD, termasuk kompatibel dengan CPU Summit Ridge AMD berbasis Zen.

Prosesor AMD Bristol Ridge ini juga menghadirkan sistem yang lengkap termasuk sebuah x8 PCle gen 3 untuk grafis eksternal, support dual channel DDR4, 4 USB 3,1 5Gbps ports hingga dua ports SATA ditambah socket untuk memori internal tambahan. Prosesor ini akan support untuk Microsoft DirectX 12.

Prosesor AMD terbaru ini juga akan support grafis AMD Radeon R7 atau R5. Alhasil performa APU ini cukup untuk memainkan game bergrafis tinggi dengan halus. Game ini juga bisa digunakan untuk HD Streaming. AMD berusaha fokus untuk meningkatkan performa grafis mengingat sektor ini memang unggulan AMD dibanding prosesor AMD. Dengan teknologi yang dihadirkan, pengguna bisa menonton video 4K ultra HD dengan nyaman.

Untuk saat ini, AMD memang akan fokus mengembangkan prosesor AMD Bristol Ridge ini untuk perangkat desktop PC bahkan PC mini seperti HP Elite Slice. Sayangnya, hingga saat ini AMD belum mengumumkan harga dari prosesor terbaru ini.

Baca juga artikel:
Monitor Gaming Lenovo Dibekali Layar Cekung dan Teknologi AMD FreeSync
Prosesor Murah Intel Apollo Lake Dirilis untuk Notebook dan Desktop Murah
Prosesor Baru Intel “Kaby Lake” Generasi Ke 7 Resmi Diumumkan

Artikel Lainnya

Komentar

Fajrin23 07 September 2016 - 15:46
Thx Infonya