Prosesor Murah Intel Apollo Lake Dirilis untuk Notebook dan Desktop Murah

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 07 Sep 2016 | 09:49

Via Digitaltrends

Intel beberapa waktu lalu telah resmi memperkenalkan prosesor generasi terbaru Intel Kaby Lake. Namun, ternyata bukan hanya prosesor generasi ketujuh tersebut yang diperkenalkan. Pasalnya dalam ajang IFA 2016 ini, Intel kembali mengumumkan prosesor baru, Intel Apollo Lake. Ini merupakan prosesor murah dengan teknologi 14 nm. Manariknya, prosesor ini hadir dalam dua varian yakni dua versi Pentium dan 4 versi Celeron.

Prosesor terbaru Intel Apollo Lake ialah varian prosesor murah yang menggunakan arsitektur atom generasi baru yakni Goldmont. Arsitektur ini merupakan pengganti dari arsitektur Broxton dan SoFIA yang kini sudah tidak diproduksi lagi oleh Intel. Arsitektur baru ini diklaim sama dengan dengan arsitektur yang digunakan pada Intel Skylake sehingga performa dijamin cukup baik meski ini merupakan prosesor low-end.

Bila Intel generasi Kaby Lake disiapkan untuk produk laptop dan desktop premium, maka prosesor Apollo Lake merupakan prosesor untuk pasar notebook serta dektop kelas entry-level. Prosesor ini juga akan menjadi penerus Braswall yang dirilis pada tahun 2015. Chip Braswell sendiri memang dihadirkan untuk perangkat dektop dan laptop murah.

Untuk urusan performa perangkat desktop, Apollo lake akan hadir dalam tiga versi yakni sebuah prosesor Pentium dan dua prosesor Celeron. Ketiga prosesor murah ini juga memiliki konsumsi daya hanya 10 watt saja. Tidak hanya itu, prosesor ini akan disokong GPU Intel Graphics 500. Untuk varian tertinggi yakni Intel Pentium J4205. Varian prosesor quad-core ini memiliki kecepatan 1,5 Ghz.

Untuk versi notebook, prosesor Apollo Lake juga hadir dalam tiga versi yakni dua prosesor Celeron dan sebuah prosesor Pentium. Di versi tertinggi, Intel menghadirkan Intel Pentium N4200 yang merupakan prosesor quad-core berkecepatan 1,1 Ghz. Semua prosesor Intel terbaru untuk Notebook ini diklaim lebih hemat daya dengan konsumsi daya hanya 6 watt saja. Tidak hanya itu, prosesor ini juga disokong VGA Intel Graphics 500.

Kedepannya, Intel dirumorkan akan menyiapkan prosesor Intel Atom yang didesain khusus untuk perangkat smartphone dan tablet. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel:
IFA 2016 Acer Hadirkan 2 Laptop Terbaru dengan Intel Kaby Lake, Acer Swift 7 dan Acer Predator 21 X
Prosesor Baru Intel “Kaby Lake” Generasi Ke 7 Resmi Diumumkan
Laptop Gaming Aorus X3 Plus V6 Diupdate dengan VGA NVIDIA Baru

Artikel Lainnya

Komentar