Fujifilm X-A3, Kamera Mirrorless Terbaru untuk Pasar Entry-Level

Oleh Aris Wibowo on Senin, 05 Sep 2016 | 17:48

Kamera Mirrorless saat ini kian banyak penggemarnya. Kamera ini dianggap lebih cocok untuk para fotografer pemula. Pasalnya, kamera ini hadir dengan ukuran yang lebih mungil dibanding kamera DSLR. Tidak hanya itu, kamera ini juga hadir dengan sistem pengoperasian yang tidak terlalu rumit, mirip kamera saku. Menyadari celah tersebut, Fujifilm menghadirkan kamera Mirrorless terbaru untuk pasar kamera entry-level, Kamera Fujifilm X-A3.

Dari sisi desain, Fujifilm X-A3 hadir dengan desain retro yang solid dan kokoh. Hadir dengan desain yang lebih ringkas, kamera ini menghadirkan pilihan warna menarik yakni silver, coklat, dan merah muda. Dibagian belakang, kamera ini hadir dengan layar LCD dengan ukuran 3 inci. Layar ini sudah disokong fitur layar sentuh sehingga memudahkan pengguna melakukan pengaturan kamera. Tidak hanya itu, Fujifilm menghadirkan fitur lipat pada layar ini. Pengguna bisa memutar layar ke atas hingga 180 derajat. Pengguna pun bisa melakukan selfie dengan mudah karena terdapat tombol khusus untuk berselfie.

Pada bagian dapur pacu, kamera mirrorless terbaru ini menggunakan sensor yang berbeda dengan kamera mirrorless seri X lainnya. Bila sebelumnya, Fujifilm menggunakan sensor Color Filter X-Trans, kali ini kamera menggunakan sensor 24 MP dengan color filter Bayer. Hal ini membuat kamera bisa menangkap gambar dengan warna yang lebih jelas dan detail.

Pada bagian ISO, Kamera ini memiliki ISO dari 200 – 6400. Namun, dengan mode tertentu bisa ditingkatkan menjadi 100 – 25.600 bila kondisi cahaya kurang ideal. Kamera Fujifilm X-A3 ini juga menggunakan sistem Autofocus dengan 49 titik dalam mode AF single dan 77 titik dalam mode wide/tracking. Namun, sistem autofocus dalam kamera terbaru ini tidak dilengkapi fitur PDAF. Pengurangan fitur PDAF ini terjadi karena kamera ini memang ditujukan untuk pasar kamera digital murah.

Kamera digital terbaru ini menghasilkan video 24p dan 60p berkualitas Full HD. Untuk memudahkan konektivitas, kamera Fujifilm ini dilengkapi Wi-Fi yang dapat digunakan untuk mengirim foto ke perangkat smartphone atau perangkat lainnya yang kompatibel.

Fujifilm X-A3 ini akan dipasarkan secara global mulai bulan Oktober mendatang dengan harga 8 juta rupiah.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24.2 MP
Tipe Sensor CMOS
Ukuran Sensor 23.5 x 15.7 mm
Screen Size 3 inch
Attached Lens Ya
Tipe Viewfinder -

Baca juga artikel:
Canon Perkenalkan Kamera Video Baru, Canon XC15 dan Canon EOS C700
6 Kamera DSLR di Bukalapak Ini Cocok Bagi Kamu yang Baru Belajar Fotografi
Kamera DSLR Profesional Mulai Rp3 Jutaan di Bukalapak

Artikel Lainnya

Komentar

Fajrin23 07 September 2016 - 15:53
mayan speknya