IFA 2016 Sony Xperia XZ dan Sony Xperia X Compact Dirilis

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 02 Sep 2016 | 19:28

Sony kembali memperkenalkan ponsel Android premium terbarunya dalam ajang pameran IFA 2016 di Berlin. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, Sony memperkenalkan varian Sony Xperia XZ dan Sony Xperia X Compact.

Hadirnya ponsel Android seri X Compact menjadi hal yang menarik. Pasalnya saat ini tren yang berkembang, ponsel layar lebar lebih laris manis dipasaran. Namun, Sony tampaknya melihat secercah peluang untuk para pengguna yang ingin mencari ponsel yang nyaman ditangan. Dan Sony pun menghadirkan ponsel compact dengan spesifikasi premium sebagai jawabannya.

Sony Xperia XZ hadir dengan layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Sedangkan Sony Xperia X Compact hadir dengan layar berukuran 4,6 inci dengan resolusi HD 720p. Dengan hadirnya kedua varian baru ini semakin mempertegas bahwa seri Xperia X siap menggantikan seluruh varian Xperia Z.

Untuk sisi desain, kedua varian ini mengusung desain yang sama seperti seri X lainnya. Sony menggunakan bodi metal yang solid dan elegan. Bodi metal ini membuat penguna nyaman mengganggam berbeda dengan seri Xperia Z yang menggunakan lapisan kaca.

Sony Sendiri fokus menghadirkan fitur dan inovasi baru dalam kedua ponsel premium ini. Untuk bagian mesin Xperia XZ, Sony memasang chipset Snapdragon 820 dengan sokongan RAM 3GB. Sementara untuk Sony Xperia X Compact hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 650 dengan sokongan RAM 3GB. Dengan spesifikasi ini, kedua ponsel bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan cepat. Pengguna juga tidak perlu takut ponsel hang bila digunakan bermain game. Untuk sistem operasi, kedua ponsel premium ini menggunakan sistem Android 6.0 Marshmallow.

Selain mengandalkan desain premium dan mesin yang tangguh, Sony juga menghadirkan kamera utama yang berteknologi baru. Sony Xperia XZ dan Xperia X Compact bahkan menggunakan kamera utama 23 MP. Kamera utama ini sudah mendukung teknologi phase detection dan laser autofocus. Bedanya dibagian kamera depan, Xperia XZ menggunakan kamera depan 13 MP dan Xperia X Compact kamera depan 5 MP.

Sony menghadirkan teknologi Predictive Hybrid Autofocus dengan algoritma baru. Hal ini membuat kamera bisa membidik objek dengan lebih baik. Kamera ini juga menggunakan sensor low light sehingga bisa memotret di kondisi gelap dengan baik. Sony juga menghadirkan fitur five Axis Image Stabilisation sehingga merekam video kian stabil.

Biar lebih jelas, berikut Pricebook ungkapkan Fitur-fitur baru yang disung kedua ponsel Premium Sony ini.

Sony Xperia XZ 32GB
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.2 inch
Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo)
GPU Adreno 530
RAM 3 GB
Internal 32 GB
Resolusi Kamera 23 MP
Kamera Depan 13MP
Baterai Non-removable Li-Ion 2900 mAh

Desain Metal Alloy

Tidak menggunakan bodi berlapis kaca atau bodi plastik, Sony justru menggunakan bahan metal Alloy ALKALEIDO dalam bodi belakang Sony Xperia XZ. Desain bodinya tampak lebih kuat dan cerah dibanding bodi metal pada umumnya. Kedua ponsel juga sudah menggunakan sertifikasi IP68 yang membuat ponsel anti air dan anti debu.

USB C

Sony juga akhirnya menghadirkan port USB C dalam produk terbarunya. Sony juga menghadirkan kabel port baru sehingga kamu tidak akan kerepotan saat berganti – ganti port. Dengan port ini, pengguna bisa memindahkan data dengan cepat. Tidak hanya itu, Port USB ini membuat pengguna bisa mengisi perangkat dengan lebih cepat pula.

RGBC-IR Color Sensor

Sony benar-benar serius menghadirkan kamera berteknologi canggih. Sony bahkan menghadirkan sensor baru yang membuat kamera bisa menangkap warna lebih akurat. Tidak hanya itu, sensor ini juga bisa menangkap cahaya putih dengan lebih baik, baik cahaya lampu ataupun cahaya matahari. Sensor akan menganalisis warna dan secara otomatis menampilkan warna yang sesuai dengan aslinya.

Predictive Hybrid AF

Sony juga sudah mengkombinasikan sistem autofocus. Dalam Sony Xperia XZ, Sony memasang Phase Detection dengan teknologi baru sehingga menghadirkan teknologi Predictive Hybrid AF. Sistem ini bisa menganalisis lingkungan dan membuat fokus objek tetap. Kamu tidak akan menemukan lagi fofo yang blur dalam kamera Sony. Selain itu, sony juga menghadirkan sistem laser AF baru. Sistem ini membuat kamera bisa menganalisis jarak subjek sehingga bisa tertangkap dengan maksimal oleh kamera 23 MP.

5 Axis Digital Image Stabilization

Sony menghadirkan teknoogi khusus dari Sony Handycam yakni Teknologi SteadyShot. Sony juga menghadirkan fitur 5 Axis Digital Image Stabilization. Teknologi ini membuat pengguna bisa merekam video tanpa takut goyang. Dengan teknologi ini, kamera Sony juga bisa merekam video 4K dengan mudah.

Mic Duo dengan Strereo Sound Recording

Xperia XZ juga hadir dengan dual microphone dan dual speakers. Kedua komponen ini terhubung dengan noise cancellation yang membuat hasil suara kian jernih dan keras.

Qnovo Charging

Sony juga menghadirkan Qnovo Adaptive Charging. Hal ini membuat baterai tetap hemat dan tidak mudah overcharging.  

Baca juga artikel:
Sony Xperia XR dan X Compact Siap Rilis Dalam Ajang IFA 2016
Penampakan Sony Xperia XR Muncul Dengan Sejumlah Pembaharuan
Headphone dan Earphone Wireless Terbaru Sony di Pasar Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar