Prosesor Baru Intel “Kaby Lake” Generasi Ke 7 Resmi Diumumkan

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 01 Sep 2016 | 10:17

Setelah sukses menghadirkan prosesor generasi ke 6, Intel akhirnya kembali mengumumkan prosesor terbaru generasi ke 7, Intel Kaby Lake. Jajaran prosesor terbaru ini akan hadir dengan basis arsitektur intel 14 nm atau 14 nm+. Selain itu, Intel juga telah menghadirkan sejumlah perbaikan dari seri Intel Skylake. Alhasil, prosesor ini diklaim semakin efisien dan lebih hemat daya.

Yang menarik, prosesor Intel generasi terbaru ini akan difokuskan untuk penggunaan multimedia. Prosesor ini bahkan ditujukan untuk perangkat notebook dan komputer all in one yang biasanya hadir tanpa dedicated GPU. Dengan prosesor ini, perangkat bisa mengolah media beresolusi tinggi dengan lebih mudah.

Menurut Intel, prosesor Intel Kaby Lake ini lebih cepat 70% dalam hal performa CPU dan 3,5 kali lebih cepat pada performa grafis 3D dibandingkan dengan PC terbaru 5 tahun yang lalu. Dibandingkan seri Intel Skylake, prosesor generasi ke 7 ini memberikan kinerja produktivitas 12% lebih cepat dan kinerja web 19% lebih cepat. Hadirnya teknologi HEVC 10-bit dan VP9 decode membuat perangkat bisa memutar konten beresolusi 4K UHD dengan cepat dan mudah. Intel bahkan mengklaim prosesor ini lebih cepat 15% untuk membuat dan mengedit file video 4K UHD.

Guna mendukung penggunaan harian, Prosesor Intel terbaru ini sudah disokong pula Thunderblot 3 selain USB Type C, dengan bandwidth 40 Gbps, dukungan monitor dual 4K, grafis eksternal, output daya 100W. Untuk perangkat notebook, Intel mengklaim prosesor ini memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Perangkat juga akan lebih hemat hingga 3x saat memutar video 4K UHD. Prosesor ini juga diklaim lebih dingin sehingga produsen notebook atau komputer all in one bisa menggunakan prosesor tanpa pendingin kipas.

Dalam kesempatan peluncuran prosesor intel ini, Intel juga mengumumkan hadirnya 6 seri prosesor Kaby Lake. Setidaknya ada 3 prosesor Kaby Lake Y dengan sasaran untuk perangkat tablet dan perangkat 2 in 1. Dan ada 3 prosesor Kaby Lake U dengan sasaran perangkat Notebook.

Kita nantikan saja kehadiran produk notebook maupun tablet dengan prosesor Intel Kaby Lake akhir tahun 2016 ini.

 

Baca juga artikel:
Cara Mudah Memahami Perbedaan Motherboard Intel dan AMD
Antara Laptop Prosesor Core i3, i5 dan i7, Apa yang Berbeda?
Asus GL502VS Strix Segera Masuk Indonesia Bawa VGA NVIDIA Terbaru

Artikel Lainnya

Komentar