Smartphone dengan Snapdragon 800 dan 801 Tidak Menerima Android Nougat

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 30 Agu 2016 | 15:31

Beberapa waktu lalu, Google resmi mengumumkan sistem operasi terbaru miliknya, Android Nougat. Sistem ini bahkan segera disebarkan beberapa perangkat. Google bahkan telah mengumumkan daftar ponsel Android yang akan menerima update Android 7.0.

Sayangnya, kalau diperhatikan lebih teliti, tidak semua smartphone premium bisa mencicipi sistem Android ini. Padahal smartphone yang tidak mendapat update tersebut memiliki spesifikasi yang cukup tinggi termasuk prosesor yang mumpuni dari Qualcomm. Beberapa produk yang tidak mendapat update Android 7.0 menggunakan prosesor Snapdragon 800 dan 801.

Kabar mengenai smartphone premium dengan Snapdragon 800 dan 801 tidak bisa update Android 7.0 ini muncul di media sosial Twitter.  LabTooFeR selaku pengembang prosesor mengungkap Qualcomm tidak akan merilis driver grafis untuk CPU 800/ 801. Alhasil smartphone dengan prosesor tersebut tidak bisa mendukung Android 7.0.

Beberapa smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 800 dan Snapdragon 801 yang kemungkinan tidak mendapat update Android Nougat ialah Nexus 5, LG G3, Sony Xperia Z3, HTC One M8 hingga Moto X generasi kedua. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy Note 3 tidak mendapat jatah update sistem baru. Alhasil, smartphone – smartpone tersebut hanya akan mendapat sistem Android Marshmallow sebagai sistem terakhir yang bisa digunakan.

Qualcomm Sendiri menyatakan agar para pengguna smartphone diatas menghubungi produsen terkait untuk mendapatkan informasi mengenai masalah update Android 7.0 ini. Sedangkan Sony mengungkap alasan mengenai tidak hadirnya seri Z3 dalam update sistem terbaru karena adanya keterbatasan masalah teknis dan legal. Pasalnya Sony Xperia Z3 belum mampu untuk lolos uji kompatibilitas (CTS) yang diajukan oleh Google agar bisa mendapat sistem Android Nougat.

Compatibility Test Suite atau CTS sendiri merupakan rangkaian pengujian untuk mendapatkan izin google agar perangkat bisa mendapat akses ke sejumlah fitur Google, termasuk Play Store.

Semoga saja pihak Qualcomm segera menghadirkan update grafis pada kedua prosesor. Jika tidak ada update maka bisa dipastikan ponsel Android dengan Qualcomm Snapdragon 800 dan 801 akan ditinggalkan penggunanya.

Baca juga artikel
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google
Android N Atau Nougat Resmi Dirilis Membawa Fitur VR DayDream!
Android 7.0 Nougat Resmi Dirilis, Kenali Fitur Terbarunya

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 31 Agustus 2016 - 11:51
Kalo diliat dari segi marketing, mungkin ini ada kaitannya dengan penjualan gadget android supaya tetap jalan. Untuk vendor, ini emang kehidupan mereka yaa walaupun ga memungkinkan banyak user yang menderita :D