Meski Android 7.0 Dirilis, Android KitKat Masih Jadi Favorit

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 25 Agu 2016 | 10:59

22 Agustus kemarin, Google resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya, Android Nougat. Sistem operasi ini bahkan lansung disebar ke beberapa perangkat Google Nexus terbaru. Sistem ini hadir dengan berbagai pembaharuan yang membuat sistem lebih cepat dan stabil.

Sistem Android 7.0 ini bahkan dibekali beberapa fitur baru termasuk fitur multi window, notifikasi baru, emoji baru dan sistem keamanan yang lebih baik. Namun, apakah sistem Android ini memang bisa menjadi senjata baru Google dalam pasar sistem operasi perangakt mobile?

Tampaknya, Google harus bekerja keras untuk membuat sistem Android Nougat digunakan oleh banyak pengguna. Pasalnya hingga kini berdasarkan data yang dirilis oleh Google Android Developer mengungkapkan bahwa pengguna Android hingga saat ini masih didominasi sistem Android lama seperti Android KitKat. Bahkan sistem Android 4.4 ini bisa mengalahkan sistem operasi Android yang lebih baru seperti Android Marshmallow hingga Android Lollipop.

Dalam data lebih jelas, tampak pengguna sistem Android 6.0 masih berada di kisaran 15,2 %. Ada juga sistem Android 5.0 yang berada di kisaran 14,1 persen dan 21,4 persen untuk sistem Android 5.1. Hal ini berbeda dengan Android KitKat yang cukup unggul dengan pengguna sekitar 29,2 persen. Masih populernya Android KitKat ini memang menarik karena sistem ini terbilang sudah tua. Sistem yang identik dengan coklat ini dirili pada akhir 2013 lalu.

Sedangkan untuk sistem Android yang lebih jadul seperti Froyo hingga Jelly Bean sudah tidak lagi menunjukan angka pengguna yang tinggi. Jelly Bean sendiri diperkirakan hanya digunakan sebanyak 6 persen pengguna dunia.

Masih favoritnya Android Kitkat dikarenakan sistem ini masih banyak digunakan produsen pada perangkat smartphone dan tablet Android untuk pasar entry level. Selain itu, sistem ini juga memiliki banyak aplikasi dan game. Berbeda dengan sistem Android yang lebih baru semacam Lollipop atau Marshmallow yang masih terbatas aplikasi dan gamenya. Tidak hanya itu, banyak perangkat Android lama yang tidak mendapat update sistem terbaru juga menyebabkan Android kitkat masih populer.

Baca juga artikel:
Android 7.0 Nougat Resmi Dirilis, Kenali Fitur Terbarunya
Kumpulan Ponsel Android Layar Resolusi Tinggi di Pricebook
6 Game Android Seru Karya Pengembang Lokal Indonesia Agustus 2016

Artikel Lainnya

Komentar