Android 7.0 Nougat Resmi Dirilis, Kenali Fitur Terbarunya

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Agu 2016 | 16:12

Hari ini Google akhirnya secara resmi telah merilis Android 7.0 Nougat versi terakhir ke beberapa perangkat. Tentu sistem operasi terbaru ini baru menyambangi perangkat Nexus yang merupakan perangkat hasil kerjasama Google dengan beberapa produsen smartphone.

Beberapa smartphone yang sudah bisa mendapatkan update sistem operasi terbaru ini ialah Huawei Nexus 6p, LG Nexus 5x, Nexus 6, Asus Nexus Player, Google Pixel C dan General Mobile 4G atau Android One. Ini menarik karena berbeda dengan tahun sebelumnya dimana sistem operasi Android terbaru, baru bisa dirilis setelah ada produk smartphone baru.

Dalam sistem terbaru milik Google ini, kamu akan menemukan berbagai fitur baru. Fitur-fitur ini diharapkan bisa semakin membawa sistem ini memimpin dalam persaingan antar platform.

Quick Setting Lebih Lengkap

Google akhirnya melakukan pembaharuan dalam quick setting. Hal ini membuat pengguna bisa melakukan setting dengan cepat. Google juga menambahkan pilihan clear all. Pilihan ini membuat pengguna bisa langsung menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menekan pilihan ini. Ada juga tambahan emergency information. Pilihan ini berisi informasi darurat seperti nama, golongan darah, dan kontak darurat sehingga bila terjadi apa – apa bisa memberikan informasi lebih cepat.

Selain itu, terdapat fitur direct reply. Dengan fitur ini pengguna bisa membalas pesan atau membalas aplikasi dilayar quick settings tanpa harus masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Menu Settings yang Lebih Segar

Menu setting menjadi penyegaran yang cukup besar dalam Android 7.0. Kini semakin banyak informasi  dan pengaturan yang bisa dilakukan. Kamu tidak hanya bisa mengubah ukuran teks tetapi semua ukuran elemen tampilan di layar seperti ikon. Ada juga tambahan Fitur Accesbility mono output. Dalam fitur ini akan membantu pengguna dengan gangguan pendengaran untuk memfokuskan audio pada satu telinga saja. Sistem Android terbaru ini juga sudah mendukung 100 bahasa baru dan 25 bahasa lokal yang umum digunakan.

Google juga memperbaharui bagian privasi dan keamanan dalam menu setting menjadi lebih lengkap. Terdapat tambahan fitur Direct boot yang akan membuat ponsel menyala lebih cepat saat direstart. Tidak hanya itu, hadir juga fitur trusted face. Ini merupakan bagian fitur smart lock yang akan mempermudah pengguna untuk membuka kunci dan mendeteksi wajah meski pencahayaan kurang jelas.

Multi Window

Sistem Android Nougat juga sudah menghadirkan fitur multi window. Fitur yang awalnya hadir pada beberapa produsen ini akhirnya hadir dan bisa digunakan perangkat Android 7.0. Pengguna kini bisa membelah layar untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus.

Quick Switch

Biasanya pengguna smartphone Android menekan tombol recent untuk memilih aplikasi yang berjalan. Hal berbeda akan kamu temui dalam Android Nougat. Kamu cukup mentap dua kali pada tombol home untuk bisa berganti ke aplikasi dengan mudah.

Sistem Hemat Daya

Pada tahun sebelumnya, Google telah memperkenalkan fitur Doze pada Android Marshmallow. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk menidurkan perangkat dan membuat ponsel lebih hemat saat tidak digunakan. Sayangnya, ponsel Android Marshmallow tetap bekerja dan menguras baterai meski tertidur.

Dalam ponsel Android Nougat, nantinya akan hadir fitur super charged yang membuat ponsel tetap hemat ketika sedang dalam perjalanan atau berada didalam saku. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan fitur hemat data yang membuat kuota paket internet pengguna tidak boros.

Fitur Lainnya

Dalam sistem operasi Android Nougat, Google menghadirkan Jit Compiler. Fitur ini memungkikan kinerja perangkat kian meningkat. Tidak hanya itu fitur ini juga bisa mengurangi ruang penyimpanan yang diperlukan untuk aplikasi, hingga membuat update sistem maupun aplikasi lebih cepat. Ada juga mode VR yang membuat Android Nougat semakin nyaman digunakan untuk perangkat VR. Google juga sudah memperbaharui Vulkan API sehingga game 3D kian lancar digunakan. Google juga menghadirkan 72 Emoji baru sehingga chat kian menyenangkan.

Baca juga artikel:
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google
Android N Atau Nougat Resmi Dirilis Membawa Fitur VR DayDream!
Benarkah Android 7.0 Akan Drilis 22 Agustus, Hari ini?

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 Agustus 2016 - 16:32
leh uga fitur fiturnya, kira kira lebih smooth ga yaaa
Satrio Arif Wicaksono 24 Agustus 2016 - 01:21
semoga xiaomi dapat update nya