Update Instagram Hadirkan Dua Fitur Video Baru

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 19 Agu 2016 | 10:10

Beberapa hari lalu, Instagram merilis update terbarunya untuk aplikasi sistem Android maupun iOS. Dalam update Instagram ini, Instagram hanya menghadirkan perbaikan minor pada fitur Instagram Stories. Walaupun demikian, Instagram justru menghadirkan fitur video baru yang semakin membuat aplikasi ini lengkap dan mirip dengan fitur yang dibawa Snapchat.

Pada tanggal 17 Agustus kemarin, Instagram menghadirkan channel video khusus untuk even di tab explore. Dalam channel ini pengguna bisa melihat berbagai kumpulan video yang menarik, dari peristiwa penting semacam konser hingga pertandingan olahraga.

Video-video dalam channel ini akan dikumpulkan secara otomatis oleh algoritma yang dibuat oleh Instagram. Pengaturan video secara manual baru bisa dilakukan apabila ada laporan dari pengguna. Instagram sebelumnya, sudah mencoba fitur baru dalam update Instagram ini pada tahun 2015 silam dan memang menuai banyak masukan dan kritikan.

Layanan channel video memang bukan yang pertama hadir. Pasalnya, layanan ini sudah pernah dihadirkan oleh media sosial lain seperti Twitter dan Snapchat. Sayangnya, fitur baru ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat saja. Sementara negara lainnya, baru akan bisa menikmati fitur ini dalam waktu dekat.

Selain itu, pengguna Instagram kini bisa merekam video sambil zoom dengan cara menswipe layar keatas atau ke bawah. Pengguna bisa merekam video ringkas dengan durasi 3 sampai 60 detik. Pengguna Apple sendiri mendapat fitur tambahan yang berbeda. Pengguna Instagram iOS bisa melakukan double tap di layar untuk mengubah kamera. Dari kamera depan ke kamera belakang dan sebaliknya. Selain itu, pengguna bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan untuk merekam video.

Kehadiran update Instagram ini semakin menegaskan keinginan Facebook untuk membentuk Instagram sebagai pesaing Snapchat. Seperti yang diketahui sebelumnya Instagram sudah menghadirkan fitur baru Instagram Stories. Fitur ini juga mirip dengan fitur stories milik Snapchat. Dengan fitur Stories, pengguna bisa memposting sesuatu baik gambar maupun video dan kemudian akan dihapus otomatis dalam 24 jam.

Baca juga artikel:
Ini Perbedaan Fitur Stories Instagram dan Stories Snapchat
Tiru Snapchat, Instagram Kini Punya Fitur Instagram Stories
Instagram Hadirkan Fitur Baru Penerjemah Teks

Artikel Lainnya

Komentar

Softech 19 Agustus 2016 - 14:09
mantab, makin sengit aja nih sama snapchat
evanyzd 19 Agustus 2016 - 14:12
Abisnya Facebook ga bisa akusisi Snapchat. Jadi deh dibajak semua fiturnya wkwkwkw
Kevin Utama 19 Agustus 2016 - 14:44
wahh.. makasih ya infonya.. baru tau ada fitur yang baru .karena belum update ke versi yang terbaru
Nugraha 19 Agustus 2016 - 16:04
dari awal emang udh nyaman bgt sama fitur"nya instagram dan skrg nambah bikin nyaman.. kayaknya uninstall aja deh snapcat :v