Aplikasi Temanjalan, Alternatif Layanan Transportasi Online

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 16 Agu 2016 | 11:51

Berawal dari sebuah aplikasi buatan mahasiswa dengan pengguna awal di lingkungan Universitas Indonesia. Aplikasi bernama TemanJalan kini telah mempunyai lebih dari 5600 pengguna resmi di sekitar Jabodetabek. Tak heran, aplikasi ini disebut-sebut siap menjadi aplikasi alternative layanan transportasi online.

Menurut Fauzan Helmi Sudaryanto, CEO TemanJalan mengungkapkan bahwa pengguna terbanyak aplikasi mobile ini terbanyak berasal dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia. Selain itu, banyak juga pengguna kami yang berasal dari Politeknik Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Trisakti.

Aplikasi TemanJalan sendiri merupakan sebuah layanan yang bisa menghubungkan kamu dengan pengendara mobil atau motor yang bisa memberi tumpangan ke tempat tujuan kamu. Meski awalnya, hanya ditujukan untuk para mahasiswa, kini aplikasi ini telah membuka layanan mereka untuk para pekerja kantoran.

Sebelum membuka layanan untuk pekerja kantoran, 85 persen penyedia tumpangan yang tersedia di TemanJalan hanya menggunakan sepeda motor. Namun, kini pengguna yang memberi tumpangan mobil telah naik hingga 40 persen.

Berbeda dengan layanan transportasi online lainnya seperti Go-Jek, Grab hingga uber, layanan TemanJalan lebih menonjolkan fitur keamanan dalam aplikasi. Tak heran, pengembang menghadirkan fitur in App Chat sehingga pengguna yang mau menumpang bisa berkomunikasi dengan pemberi tumbangan tanpa harus berbagi nomor telepon. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mengharuskan seluruh pengguna mereka untuk mendaftarkan Kartu Mahasiswa atau Kartu Pekerja.

Selain itu, aplikasi alternatif layanan transportasi online ini juga hadir dengan penggunaan koin virtual. Pengguna bisa mendapatkan koin tersebut dengan cara memberikan tumpangan kepada pengguna lain. Koin tersebut kemudian bisa kamu gunakan untuk membayar pengendara yang kamu tumpangi, atau membeli pulsa dan stiker LINE.

Dengan tarif yang relatif murah dan fitur in App chat yang bisa melindungi Privasi pengguna, TemanJalan jelas merupakan aplikasi alternative layanan transportasi Online untuk mengantarkan kamu ke tempat tujuan. Namun, untuk bisa menjadi pesaing aplikasi transportasi yang lebih mapan, sepertinya pengembang aplikasi ini harus menghadirkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan menarik.

Baca juga artikel:
Update Google Maps Kini Bisa Cek Tarif Taksi Online
UberPOOL, Layanan Berbagi Tumpangan dengan Tujuan yang Sama
Cara Mudah Bandingkan Tarif Go-Jek, Grab dan Uber Melalui Google Maps

Artikel Lainnya

Komentar