Update WhatsApp Terbaru Hadirkan Fitur VoiceMail dan Forward Pesan

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 16 Agu 2016 | 10:33

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mendapat update terbaru. Kali ini pengembang membawa sejumlah fitur baru guna semakin memaksimalkan pengguna WhatsApp dalam berkomunikasi. Setidaknya terdapat fitur baru berupa Voicemail dan Forward pesan dalam update WhatsApp terbaru.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp kini dapat meninggalkan pesan suara jika panggilannya tidak terjawab atau ditolak oleh penerima.

Fitur VoiceMail ini memang mirip dengan fitur pesan suara pada umumnya. Bedanya, fitur ini hanya bisa dipakai jika kontak yang ditelepon melalui WhatsApp tidak menjawab atau menolak panggilan. Kemudian, kamu bisa menahan tombol voice message. Ketika pesan selesai dibuat, lepaskan tombol tersebut dan kirimkan pesan suara kepada teman kamu. Nantinya pada layar chat teman kamu, pesan tersebut bakal muncul di percakapan WhatsApp dengan sebuah catatan. Catatan ini menginformasikan bahwa ada sebuah penggilan tak terjawab.

Sayangnya dalam update WhatsApp terbaru, pengguna WhatsApp tidak bisa mendengarkan kembali pesan suara yang telah dibuat. Secara otomatis, aplikasi WhatsApp akan mengirimkannya kepada penerima. Jadi, perhatikan dengan baik dan benar akan pesan suara yang hendak kamu kirimkan.

WhatsApp sendiri mengklaim bahwa fitur ini tidak memerlukan biaya yang mahal. Perusahaan menyebut, sistem ini menggunakan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Jadi, layanan ini bisa lebih murah dibandingkan berkirim pesan biasa.

Selain fitur Voicemail tersebut, Pengguna juga bisa menemukan fitur forward pesan. Dalam update WhatsApp terbaru ini, pengguna bisa meneruskan pesan ke beberapa kontak atau grup sekaligus. Caranya, pengguna tinggal memilih beberapa kontak dan meneruskan pesan yang diinginkan. Sebelumnya, jika pengguna ingin mengirimkan sebuah pesan yang sama ke banyak kontak, pengguna harus memilih kontak yang dikehendaki dan mengirimkannya satu per satu.

Saat ini update WhatsApp terbaru sudah bisa kamu unduh. Untuk versi Android ialah 2.16.229 dan versi iOS ialah 2.16.8. Dengan update ini, WhatsApp berharap kian merajai aplikasi perpesanan dunia dan semakin sering digunakan untuk berkirim pesan lintas platform. Bahkan kedepannya, WhatsApp akan menghadirkan fitur video Calls mirip dengan Fitur kepunyaan Skype. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel:
Fitur Voicemail dan Call Back Muncul Dalam Update Baru WhatsApp Beta
Awas, WhatsApp Gold Ternyata Mengandung Malware
Update Google Translate Bisa Dipakai di WhatsApp dan Path

Artikel Lainnya

Komentar