Google Hadirkan Fitur Anti Buffering Youtube untuk Pengguna Indonesia

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Agu 2016 | 14:47

Tidak bisa disangkal popularitas platform video Youtube di Indonesia memang terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pengguna Youtube di Tanah air yang naik sebesar 130 persen sejak tahun lalu.

John Harding selaku VP Engineering For Emerging Experiences di Youtube mengungkapkan rata-rata pengguna Youtube di Indonesia menonton video dengan total durasi hingga satu jam setiap harinya. Setengah diantara mereka melakukannya lewat perangkat mobile. Menyadari Hal tersebut, Google menghadirkan fitur baru, anti buffering bernama Accelator ke Indonesia.

Seperti yang diketahui, bagi negara berkembang seperti di Indonesia, akses internet yang kurang baik sering menyebabkan rasa tidak nyaman ketika menonton video di Youtube. Masalahnya yang sering muncul ialah lamanya waktu loading atau buffering.

Menyadari hal tersebut, teknologi Accelerator dibawa ke indonesia. Dengan teknologi ini, pengguna Youtube bisa menyaksikan 100.000 video populer di Youtube tanpa buffering. Fitur anti buffering ini sebelumnya sudah dirilis untuk pengguna Youtube di Filipina dan menuai banyak komentar positif.

Untuk menghadirkan teknologi ini, Youtube akan bekerja sama dengan pengelola tempat-tempat umum yang menyediakan fasilias Wi-fi, seperti mal, kafe, hingga sekolah. Mereka akan memasang sebuah alah khusus untuk menyimpan video-video populer dan menghubungkannya dengan jaringan Wi-fi yang ada di tempat-tempat tersebut.

Jika kamu terhubung dengan jaringan Wi-fi tersebut, pengguna Youtube akan bisa langsung menyaksikan semua video di Youtube yang mempunyai tanda khusus Accelerator, tanpa harus khawatir akan gangguan koneksi internet. Saat dilakukan pengujian, sebuah video berdurasi sepuluh menit hanya memerlukan waktu sekitar satu detik saja hingga progress bar terisi penuh.

Selain menghadirkan teknologi fitur anti buffering, Google juga menghadirkan Chromecast. Ini merupakan sebuah alat yang bisa menghubungkan smartphone kamu dengan televisi. Dengan bantuan alat ini, kamu bisa melakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan dengan smartphone, seperti menonton Youtube hingga browsing.

Dalam kesempatan ini, Google bekerja sama dengan Lazada untuk menjual Chromecast ini.

Baca juga artikel:
Fitur Live Streaming Youtube Hadir Di Smartphone
Trik Nonton YouTube dengan Google Chrome
4 Aplikasi Pengganti Youtube di iPhone dan iPad

Artikel Lainnya

Komentar