Seagate Hadirkan Media Penyimpanan SSD Kapasitas Besar 60 TB

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Agu 2016 | 11:31

Saat ini cukup banyak media penyimpanan komputer yang ada di pasaran. Bahkan media penyimpanan tersebut hadir dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan pengguna. Pasalnya, ada pengguna yang butuh penyimpanan 1 TB, namun ada juga yang butuh kapasitas penyimpanan sebesar 10 TB.

Sayangnya, media penyimpanan 10 TB saat ini sudah dirasa kecil khususnya untuk pengguna bisnis. Pasalnya pengguna bisnis membutuhkan banyak penyimpanan untuk menyimpan data. Menyadari hal tersebut, Seagate menghadirkan produk baru berupa SSD atau Solid State Drive baru dengan kapasitas super besar dengan kapasitas 60 TB.

Media Penyimpanan dari Seagate ini menjadi produk SSD berkapasitas terbesar di dunia saat ini. Sebelumnya maret lalu, Samsung telah merilis SSD dengan kapasitas 15 TB. Tentu kehadiran SSD kapasitas 60 TB ini mengubah peta persaingan pasar media penyimpanan dunia yang selama ini berkisar pada kapasitas 10 TB.

SSD Seagate terbaru ini hadir untuk pengguna kalangan pebisnis. Pasalnya, kapasitas yang besar membuat pebisnis bisa menyimpan data produk yang dijual hingga data lainnya lebih banyak. Bahkan media penyimpanan berkapasitas besar ini mampu menampung 12.000 film DVD atau bahkan menyimpan 400 juta foto.

Memori SSD terbaru dengan nomer serial SCSI (SAS) SSD ini memang menghadirkan desain yang ramping mirip HDD 3,5 inci. SSD ini dirancang dengan aksesbilitas cepat dan arsitektur fleksibel. Tak heran, dimasa depan, memori SSD 60 TB ini dapat dikembangkan hingga 100 TB untuk mengakomodasi kebutuhan di masa depan. Seagate bahkan mengklaim komponen ini dua kali lebih cepat dan 4 kali lebih lega kapasitasnya dibanding memori Samsung PM1633A. Sayangnya, Seagate masih membutuhkan pengembangan yang lebih lanjut untuk memasarkan SSD jumbo ini. Pasanya SSD 60 TB ini masih berupa prototype.

Selain merilis memori SSD Jumbo, Seagate juga menghadirkan 8 TB Nytro XP7200 NVMe SSD. Komponen ini merupakan SSD dengan teknologi terbaru yang berperforma tinggi dengan data analisis baru. Sayangnya kedua SSD baru Seagate ini baru akan diperkenalkan pada awal 2017 mendatang.

Baca juga artikel:
Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Hard Disk Untuk Gaming
Peningkatan Kapasitas dan Ukuran Hard Disk Dari Waktu ke Waktu
SSD Plextor PCIe NVMe, Teknologi Baru Transmisi Data Cepat

Artikel Lainnya

Komentar