Google Voice Search Sudah Support Bahasa Indonesia Sepenuhnya

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Agu 2016 | 17:56

Selain memperkenalkan fitur pemesanan layanan transportasi online di Google Maps, Google juga menghadirkan update dalam Google Voice Search. Google bahkan telah memperkenalkan fitur baru dalam aplikasi mobile tersebut sehingga pencarian berbasis suara atau Voice Search telah mendukung penuh penggunaan Bahasa Indonesia. Alhasil, pengguna di Indonesia bisa mencari berbagai konten melalui Google Voice Search.

Tamar Yehosua selaku VP Product Managemet Google Search mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara dengan pengguna Voice Search paling tinggi. Perkembangan penggunaan aplikasi ini di Indonesia juga cukup pesat yakni hingga dua kali lipat daripada tahun lalu.

Maka Google akan terus mengembangkan sistem Voice Search sehingga penggunanya bisa mendapatkan pencarian yang tidak hanya akurat, tetapi juga disajikan dengan natural dan tidak seperti mengobrol dengan mesin. Fokus lain yang juga sedang dikerjakan Google dalam pencarian data ialah kecepatan pencarian serta relevansi terhadap konten lokal.

Untuk kecepatan, Google akan menghadirkan fitur lite mode yang akan segera dihadirkan dalam update berikutnya. Lite mode memungkinkan pencarian pada kecepatan koneksi yang lambat bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan setiap penelusuran dari hasil pencarian dapat disajikan hingga 5 kali lebih cepat. Hal ini bisa terjadi karena Lite Mode memanfaatkan teknik kompresi dalam menyajikan konten sebuah situs, sehingga selain dapat ditampilkan lebih cepat dan ringan, fitur ini juga mampu menghemat penggunaan kuota data hingga 90 persen.

Setelah hasil pencarian semakin cepat dengan Lite mode dan semakin mudah melalui Google Voice Search, Google akan melanjutkan pembaharuan untuk menampilkan konten yang sesuai dengan lokasi di mana pengguna melakukan pencarian. Misalnya, masyarakat Indonesia cenderung lebih suka dengan konten olahraga sehingga pencarian mengenai data olahraga akan ditampilkan lebih spesifik. Contoh lainnya, pengguna bisa mencari serba serbi mengenai kendaraan bermotor di Indonesia. Hasil pencarian akan ditampilkan secara detail sesuai kondisi di Indonesia.

Dengan tiga fokus tersebut, Google berharap Google Voice Search kian diandalkan masyarakat Indonesia, bahkan oleh pengguna yang tidak bisa Bahasa Inggris sekalipun.

Baca juga artikel:
Google Maps Kini Bisa Tampilkan Fitur Pemesanan Go-Jek, Grab Hingga Uber
Update Google Play Store Kini Buat Aplikasi Makin Irit Memori
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google

Artikel Lainnya

Komentar